Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (AFP)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (AFP)

Duterte Kritik Ucapan Kasar Menlu Filipina terhadap Tiongkok

Internasional laut china selatan Tiongkok filipina filipina-tiongkok Rodrigo Duterte
Willy Haryono • 04 Mei 2021 08:59
Manila: Presiden Rodrigo Duterte mengatakan bahwa Tiongkok masih tetap menjadi donatur bagi Filipina. Pernyataan disampaikan Duterte setelah Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin melontarkan kata-kata kasar terhadap Beijing terkait Laut China Selatan.
 
"Tiongkok tetap menjadi donatur kami," kata Duterte dalam sebuah pernyataan di televisi pada Senin malam.
 
"Hanya karena kita sedang berkonflik dengan Tiongkok, bukan berarti kita boleh bertindak kasar dan tidak hormat," sambungnya, dilansir dari laman The Straits Times pada Selasa, 4 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Duterte tidak menyebut nama Locsin secara spesifik, walau pernyataannya sudah jelas ditujukan kepada sang menlu.
 
Senin kemarin, Locsin menggunakan akun Twitter pribadinya dalam melontarkan kecaman terhadap Tiongkok yang dinilai terus melakukan pelanggaran di dekat Laut China Selatan.
 
Salah satu pelanggaran yang dimaksud Locsin adalah kehadiran sejumlah kapal Tiongkok di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina.
 
"Tiongkok, temanku, seberapa sopan saya bisa mengatakan ini? GET THE F**K OUT (segera keluar dari sini)," kata Locsin via Twitter.
 
"Apa yang telah Anda lakukan untuk persahabatan kita? Anda. Bukan kami. Kami selama ini selalu mencoba (mempertahankan hubungan)," sambungnya.
 
Baca:  Gunakan Kata-Kata Kasar, Filipina Usir Tiongkok dari Laut China Selatan
 
Kedutaan Tiongkok di Manila belum menanggapi pernyataan Locsin. Meski demikian, sebelumnya pejabat Tiongkok mengatakan bahwa kapal-kapal di Whitsun Reef hanya berada di sana untuk berlindung dari cuaca buruk.
 
Tiongkok mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan. Perairan yang juga diklaim sejumlah negara ini merupakan jalur perdagangan 'sutra' yang dilewati ribuan kapal pada setiap tahunnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif