Tenaga medis Filipina diizinkan untuk bekerja di luar negeri. Foto: AFP.
Tenaga medis Filipina diizinkan untuk bekerja di luar negeri. Foto: AFP.

Pandemi Melanda, Tenaga Medis Filipina Diizinkan Bekerja di Luar Negeri

Internasional filipina
Marcheilla Ariesta • 21 September 2020 18:08
Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte, telah melonggarkan larangan perjalanan ke luar negeri pada perawat Filipina dan pekerja medis lainnya. Kebijakan ini memungkinkan lebih banyak orang bekerja di luar negeri.
 
Ribuan petugas kesehatan yang menyebut diri mereka 'priso-nurses' telah mengimbau pemerintah untuk mengizinkan bepergian. Para perawat mengatakan mereka merasa dibayar rendah, dihargai rendah, dan tak terlindungi di Filipina.
 
Duterte menyetujui proposal kementerian tenaga kerja untuk memperluas pengecualian dari larangan keluar, untuk mereka yang memiliki kontrak di luar negeri dan berdokumen lengkap per 31 Agustus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Para perawat yang sudah menghabiskan banyak uang untuk memproses surat-surat mereka. Mereka tidak banyak, jadi kami mengizinkan mereka pergi," kata juru bicara kepresidenan, Harry Roque, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 21 September 2020.
 
Roque menuturkan, petugas kesehatan dari Filipina berada di garus depan rumah sakit di Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah.
 
Pada April lalu, Duterte melarang perawat, dokter, dan pekerja medis lainnya pergi. Dia mengatakan para tenaga kesehatan ini diperlukan untuk memerangi krisis virus korona (covid-19) di Filipina.
 
Negara ini memiliki jumlah infeksi virus korona tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebanyak 286.743 kasus. Angka kematian di negara tersebut mencapai 4.984 kasus.
 
"Kami sudah memegang kendali (atas virus)," kata Roque.
 
"Kami tahu musuh dan kami tahu melawan musuh melalui isolasi, pelacakan, dan perawatan," imbuhnya membeberkan alasan para tenaga medis boleh kembali kerja ke luar negeri.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif