PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc. (Foto: AFP)
PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc. (Foto: AFP)

PM Vietnam Minta Kepala Daerah Bersiap Hadapi Lockdown

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 30 Maret 2020 10:11
Hanoi: Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc meminta kepala daerah di sejumlah kota besar untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan penutupan wilayah secara total atau lockdown. Pengumuman disampaikan PM Nguyen saat jumlah kasus covid-19 di Vietnam mendekati angka 200.
 
"Hanoi dan Ho Chi Minh City harus mengkaji dan memperbarui rencana untuk memerangi virus (covid-19), dan juga harus bersiap menghadapi skenario lockdown," ujar PM Nguyen.
 
"Vietnam telah memasuki periode puncak pandemi. Sejumlah kota besar harus bergerak lebih cepat dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menerapkan sejumlah kebijakan," lanjutnya, dilansir dari The Straits Times, Senin 30 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Nguyen telah memerintahkan penghentian semua penerbangan menuju Vietnam. Ia juga telah memangkas jumlah penerbangan domestik, melarang perkumpulan massa, dan juga menutup sejumlah pertokoan dan tempat usaha non-esensial atau kurang penting hingga 15 April mendatang.
 
Pemerintah Vietnam juga telah menerapkan program karantina agresi dan pelacakan kontak individu terjangkit covid-19. Banyak kasus covid-19 di Vietnam berasal dari wisatawan asing dan warga lokal yang baru pulang dari luar negeri.
 
Menurut keterangan Kementerian Kesehatan Vietnam, sejauh ini tidak ada satu pun kematian akibat covid-19. Untuk karantina, lebih dari 75 ribu orang di Vietnam sedang menjalani program tersebut.
 
Sejak covid-19 mulai mewabah di Vietnam, PM Nguyen bertekad menekan angka infeksi di bawah 1.000.
 
Selain Vietnam, negara-negara lain di Asia Tenggara juga berjuang melawan covid-19. Sejauh ini, Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara dengan jumlah kasus tertinggi covid-19 di angka 2.470.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif