Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (Foto:BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (Foto:BPMI Setpres)

Jepang Akui Indonesia Sebagai Pemimpin di Asia Tenggara

Internasional kerjasama bilateral indonesia-jepang
Marcheilla Ariesta • 28 Oktober 2020 03:51
Jakarta: Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri, Santo Darmosumarto menafsirkan kunjungan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga ke Indonesia beberapa lalu. Dia menyebut hal itu bentuk pengakuan Jepang atas Indonesia sebagai pemimpin di Asia Tenggara.
 
Pengakuan tersebut dibuktikan dengan kepercayaan Jepang pada Presiden Joko Widodo. Salah satunya terkait fasilitasi perjalanan bisnis esensial oleh Jepang. Pembahasan perjalanan ini dilakukan agar aktivitas ekonomi antapekerja kedua negara tetap berjalan.
 
"Sebelumnya, Jepang belum memberikan akses masuk untuk WNI selama pandemi. Tapi dengan ini terbuka akses bagi para pekerja," kata Santo dalam Re-Orient Webinar Series Kementerian Luar Negeri, Selasa, 27 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Kerja Sama Indonesia-Jepang Dinilai Bantu Peningkatan Kualitas SDM
 
Kunjungan ini juga menekankan kedua negara selalu bekerja sama bahkan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Tentunya, kata Santo kesepakatan ini dilengkapi protokol kesehatan yang ketat.
 
"Kita (Indonesia dan Jepang) melihat harus terus ada kerja sama. Jadi mengembangkan kemitraan ini yang diupayakan kedua pemimpin," kata dia.
 
Kunjungan Suga ke Indonesia dilakukan pada 20-21 Oktober 2020. Lawatan dilakukan sangat minimalis menyikapi pandemi virus korona.
 
(ADN)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif