Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Indonesia Dipuji karena Gigih Perjuangkan Hak Palestina

Internasional palestina israel menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 02 Juli 2020 14:56
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia mendapat tanggapan positif atas kegigihan menggalang dukungan untuk menolak aneksasi yang dilakukan Israel ke Tepi Barat. Negara-negara sahabat memuji Indonesia atas hal tersebut.
 
Baca: Vatikan: Palestina Punya Hak untuk Hidup.
 
"Dalam tanggapannya, mereka menyampaikan beberapa poin penting, yakni penghargaan atas posisi utama Indonesia yang konsisten untuk mendukung Palestina," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis, 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Negara-negara seperti Afrika Selatan, Brunei Darussalam, Malaysia, Tiongkok, Jepang, Rusia, Vietnam dan lain sebagainya ini juga mendukung upaya INdonesia memobilisasi komunitas internasional untuk mencegah dan menolak rencana aneksasi.
 
Selain itu, komunitas internasional juga mendukung upaya damai dan berkelanjutan untuk mencapai solusi dua negara.
 
"Ini merupakan kepedulian bersama bahwa aneksasi tidak hanya akan mengancam stabilitas regional dan global, tapi juga merusak upaya mitigasi covid-19 secara efektif," tutur Retno.
 
Retno menambahkan, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan parlemen Indonesia untuk mengumpulkan dukungan yang lebih luas bagi Palestina, dari parlemen di seluruh dunia.
 
"Pemerintah dan parlemen Indonesia bersatu dalam masalah Palestina seperti halnya semua orang di Indonesia," ungkapnya.
 
Dari hasil kerja sama tersebut, sebanyak 215 anggota parlemen dari 34 negara dunia menandatangani pernyataan bersama menentang pencaplokan Israel atas wilayah Palestina.
 
"Ini menggambarkan solidaritas internasional yang lebih kuat dan komitmen pada masyarakat Palestina, dan dukungan untuk melindungi solusi dua negara," ujarnya.
 

(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif