Dubes RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal/Medcom.id-Marcheilla
Dubes RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal/Medcom.id-Marcheilla

Pemberian Nama Jalan untuk Bapak Bangsa Turki Sesuai Tata Krama Diplomatik

Internasional turki indonesia-turki Bapak Bangsa Turki Nama Jalan Bapak Bangsa Turki
Marcheilla Ariesta • 18 Oktober 2021 09:04
Ankara: Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal meluruskan pemberitaan mengenai pemberian nama jalan bapak bangsa Turki di Jakarta. Dubes Iqbal menegaskan, pemberian nama jalan itu sesuai dengan tata krama diplomatik.
 
"Sebagai simbol kedekatan kedua Bangsa yang sudah dimulai sejak abad ke-15, Pemerintah Turki setuju memenuhi permintaan Indonesia  untuk  memberikan nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama Bapak Proklamasi kita, Ahmet Sukarno (nama yang dikenal di Turki)," kata Iqbal dalam pernyataannya, Senin, 18 Oktober 2021.
 
"Sesuai tata krama diplomatik, kita akan memberikan nama jalan di Jakarta dengan nama jalan Bapak Bangsa Turki," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iqbal mengatakan yang menentukan nama jalan bukan Pemerintah Indonesia atau Pemerintah Daerah DKI Jakarta.
 
Baca juga: Bapak Bangsa Turki Akan Dijadikan Salah Satu Nama Jalan di Jakarta
 
"Pemerintah Turki yang akan menentukan nama jalan tersebut nanti. Kita masih menunggu usulan resmi  nama jalan tersebut. Apapun nama jalan itu nanti, pasti itu mewakili harapan pemimpin dan rakyat Turki," serunya.
 
Sebelumnya, dalam jumpa pers dengan awak media, Iqbal menjelaskan, Pemda DKI Jakarta sudah mengalokasikan salah satu jalan di wilayah utama daerah Menteng, Jakarta Pusat. Pemberian nama jalan ini sebagai 'balasan' setelah nama Soekarno diabadikan untuk sebuah jalan di kompleks diplomatik Ankara.
 
Dalam jumpa pers tersebut, Iqbal menuturkan persetujuan ganti nama jalan di Jakarta sudah dilakukan sebelum penggantian jalan di Turki.
 
"Jalan sudah ada, tapi dari pihak Turki belum memberikan namanya," lanjut dia.
 
Ia berharap peresmian jalan ini dapat dilakukan saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan kunjungan ke Jakarta.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif