Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pembukaan Bali Democracy Forum ke-14. Foto: AFP
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pembukaan Bali Democracy Forum ke-14. Foto: AFP

Bali Democracy Forum 14

Tiga Saran Menlu Retno Cegah Kemunduran Demokrasi di Tengah Pandemi

Internasional demokrasi bdf menlu retno lp marsudi covid-19 pandemi covid-19 Bali Democracy Forum ke-14
Marcheilla Ariesta • 09 Desember 2021 11:33
Bali: Demokrasi mengalami kemunduran di tengah pandemi covid-19. Karenanya, Indonesia kembali menggelar Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 yang sudah dua kali digelar di tengah pandemi dan sangat relevan dengan masalah ini.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, tiga hal yang perlu dilakukan untuk menjaga demokrasi di tengah pandemi covid-19.
 
"Pertama, kita harus memegang teguh prinsip kesetaraan untuk memastikan pemulihan yang cepat," tutur Retno, dalam konferensi pers usai pembukaan BDF ke-14 di Nusa Dua, Bali, Kamis, 9 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno mengatakan, dalam demokrasi, kesetaraan adalah mengenai keadilan. Karenanya, ia menegaskan, setiap orang harus memiliki kesempatan yang setara untuk menang melawan pandemi covid-19.
 
Untuk itu, kata Retno, kita harus memastikan akses vaksin yang setara bagi semua.
 
"Kedua, kita harus mendorong kebijakan yang inklusif untuk memastikan pemulihan bagi semua," lanjutnya.
 
Dalam demokrasi, terang Retno, inklusivitas berarti partisipasi seluruh rakyat dalam semua aspek tata kelola pemerintah. Ia menegaskan, tidak ada yang boleh tertinggal dalam proses pemulihan, dan semua aspirasi harus didengarkan sesuai dengan semangat demokrasi.
 
"Ketiga, kita harus mewujudkan arsitektur ekonomi global yang adil untuk mempercepat pemulihan," imbuh Retno.
 
Ia menuturkan, dalam demokrasi keadilan berarti setiap orang dapat memperoleh haknya dan mencapai kemakmuran. "Artinya, setiap negara harus memiliki kesempatan yang sama untuk pulih," tegas Retno.
 
Karenanya, lanjut dia, lingkungan internasional yang mendukung diperlukan agar negara-negara dapat pulih dengan baik. Retno menegaskan, tidak boleh ada monopoli dalam partisipasi di ekosistem rantai pasok global.
 
Retno berharap BDF dapat menjadi ajang untuk saling belajar mengenai nilai kesetaraan, inklusivitas, dan keadilan. Dia menginginkan BDF menjadi bagian dalam membantu pemulihan pasca pandemi covid-19.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif