Menter Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menter Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Dok.Kemenlu RI

95.102 WNI dari Luar Negeri Telah Kembali ke Indonesia

Internasional Virus Korona wni Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 14 Mei 2020 15:17
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kembali mengumumkan pembaruan jumlah warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang kembali ke Tanah Air. Per 13 Mei 2020, jumlah mereka yang kembali yakni 95.102 orang.
 
Retno menjelaskan mayoritas mereka berasal dari Malaysia dan kru Indonesia yang bekerja di kapal pesiar.
 
"Antara 19 Maret hingga 13 Mei 2020, 74.817 WNI telah kembali dari Malaysia. Sementara itu, 15.820 kru Indonesia telah kembali, sejauh ini dari 21 negara," kata Retno dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis 14 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno menambahkan, para WNI dari Malaysia kebanyakan kembali lewat jalur laut. Sedangkan untuk para WNI ABK mayoritas kembali melalui beberapa titik masuk, yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Ngurah Rai Bali, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, dan Pelabuhan Benoa Bali.
 
Selain itu, imbuh Retno, 4.465 WNI telah pulang dengan repatriasi mandiri dari 28 negara. "Termasuk 15 orang Indonesia dari Singapura yang tiba di Surabaya kemarin," ungkapnya.
 
Dia menggarisbawahi bahwa protokol kesehatan wajib berlaku untuk semua pengungsi yang diatur oleh Kementerian Kesehatan. Retno juga menyampaikan pemerintah akan menerbitkan buku protokol karantina mandiri untuk WNI yang kembali dari luar negeri.
 
Hingga saat ini, kata Retno, Gugus Tugas Covid-19 bekerja sama dengan kementerian terkait dan para pemangku kepentingan untuk menyelesaikan panduan repatriasi mandiri.
 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif