Malaysia perpanjang MCO hingga 28 Juni. Foto: AFP.
Malaysia perpanjang MCO hingga 28 Juni. Foto: AFP.

MCO di Malaysia Diperpanjang Hingga 28 Juni Mendatang

Internasional malaysia covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 11 Juni 2021 21:06
Kuala Lumpur: Perintah kontrol gerakan di Malaysia (MCO) akan diperpanjang selama dua pekan lagi. Perpanjangan MCO akan berlaku mulai dari 15-28 Juni.
 
Menteri Senior Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengumumkan keputusan untuk memperpanjang MCO 3.0 dibuat karena jumlah kasus harian covid-19 masih melebihi 5.000 kasus.
 
"Daftar kegiatan yang diizinkan dan dilarang, dan prosedur operasi standar (SOP) untuk setiap kegiatan manufaktur, bisnis, dan industri tetap seperti yang diumumkan sebelumnya," kata dia, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 11 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Mei lalu, MCO nasional diberlakukan kembali di Malaysia. Pasalnya, Negeri Jiran dihantam gelombang ketiga covid-19. DI MCO 3.0, semua sektor ekonomi diizinkan beroperasi namun perjalanan lintas wilayah dan antarnegara bagian, serta kegiatan sosial seperti olahraga dan pendidikan dilarang.
 
Pembatasan yang lebih ketat pada sektor ekonomi dan sosial kemudian diumumkan pada 21 Mei karena kasus masyarakat terus meningkat.
 
Baca juga: Dua Hari Raya Picu 60 Klaster Covid-19 di Malaysia
 
"Munculnya varian baru juga telah menunda upaya untuk meratakan kurva infeksi," kata Kantor Perdana Menteri dalam pernyataannya.
 
Pada 28 Mei, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengumumkan bahwa negara itu akan melakukan penguncian total selama 14 hari mulai 1 Juni, dengan hanya sektor ekonomi dan jasa penting yang diizinkan untuk melanjutkan operasi mereka.
 
Jika fase pertama dari penguncian total dapat mengurangi jumlah kasus harian, maka negara itu akan melonggarkan ke fase kedua empat minggu, di mana lebih banyak sektor ekonomi akan diizinkan untuk dibuka kembali.
 
Tahap 3 ini akan mirip dengan MCO yang telah diberlakukan di negara itu. Pada MCO sebelumnya, hampir semua sektor ekonomi diizinkan beroperasi dengan SOP yang ketat.
 
Perkembangan dari satu fase ke fase lainnya akan tunduk pada penilaian risiko Kementerian Kesehatan. Hingga hari ini, Malaysia mencatat kasus infeksi covid-19 di sana sebanyak 646.411.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif