Warga Singapura mengenakan masker hindari ancaman virus korona. Foto: AFP
Warga Singapura mengenakan masker hindari ancaman virus korona. Foto: AFP

WNI Terjangkit Korona di Singapura Jadi Lima Orang

Internasional Virus Korona singapura virus corona
Marcheilla Ariesta • 12 Maret 2020 12:44
Singapura: Kementerian Kesehatan Singapura kembali mengumumkan seorang warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus korona covid-19 di sana. WNI berusia 56 tahun berjenis kelamin perempuan ini dilaporkan sebagai pasien ke-170.
 
Baca: WHO Menetapkan Virus Korona Sebagai Pandemi Global.
 
"Dengan ini, total lima WNI telah dikonfirmasi positif covid-19 di Singapura, yaitu kasus ke-21 (sudah dinyatakan sembuh dan pulang dari rumah sakit pada 18 Februari 2020), kasus ke-133 yang diumumkan pada 7 Maret, kasus ke-147 yang diumumkan pada 8 Maret, dan kasus ke-152 yang diumumkan pada 9 Maret," kata KBRI Singapura dalam sebuah pernyataan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis 12 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari empat WNI yang masih dirawat, kondisi tiga WNI dinyatakan stabil. Sementara satu WNI berada di ICU," imbuh mereka.
 
Pasien ke-170 ini tiba di Singapura pada 9 Maret 2020. Dia kemudian diantar ke Singapore General Hospital (SGH) pada hari yang sama.
 
Hasil tes WNI tersebut dinyatakan positif covid-19 pada 10 Maret sore waktu setempat. Dia merasakan timbulnya gejala covid-19 sejak 6 Maret saat masih berada di Indonesia.
 
"KBRI akan terus melakukan pemantauan secara dekat dan berkoordinasi denga pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut," kata KBRI Singapura.
 
Berdasarkan ketentuan Pemerintah Singapura terhitung sejak 7 Maret, seluruh pendatang yang mengunjungi Negeri Singa dengan visa turis yang menjalani pengobatan covid-19 di sana harus membayar biaya pengobatan tersebut. Namun, tes covid-19 tetap diberikan gratis sebagai langkah pencegahan penyebaran virus korona di sana.
 
"KBRI Singapura kembali mengingatkan kepada seluruh WNI yang berada di Singapura dan WNI yang berencana untuk berkunjung ke Singapura, bahwa status DORSCON Oranye masih berlaku di Singapura," tutur mereka.
 
Karenanya, KBRI Singapura mengimbau agar WNI terus waspada, khususnya menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan berkunjung ke tempat umum.
 
"Diharapkan seluruh WNI dapt mengikuti aturan dan imbauan dari Pemerintah Singapura dalam penanganan penyebaran covid-19," seru mereka.
 
"Kami tekankan pula pentingnya tanggung jawab pribadi untuk bertindak proaktif memeriksakan diri apabila kebetulan berada di cluster tempat penyebaran covid-19 atau berinteraksi dengan kerabat atau teman yang menghadiri kegiatan di cluster-cluster dimaksud," pungkas mereka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif