Miliarder Tom Steyer dalam sebuah acara di San Francisco, 1 Juni 2019. (Foto: AFP/JOSH EDELSON)
Miliarder Tom Steyer dalam sebuah acara di San Francisco, 1 Juni 2019. (Foto: AFP/JOSH EDELSON)

Miliarder Demokrat Maju ke Pilpres AS 2020

Internasional amerika serikat pemilu as
Arpan Rahman • 10 Juli 2019 14:53
Washington: Aktivis lingkungan dan juga miliarder Tom Steyer mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat untuk pemilihan umum presiden Amerika Serikat pada 2020. Beberapa bulan lalu, ia sempat mengatakan tidak akan mencalonkan diri dan hanya ingin fokus mendorong pemakzulan Presiden AS Donald Trump.
 
"Nama saya adalah Tom Steyer, dan saya mencalonkan diri untuk posisi presiden," ujar Steyer, salah satu donor utama untuk Partai Demokrat di AS, dalam sebuah video pada Selasa 9 Juli 2019, disitir dari AFP.
 
Steyer menegaskan isu utama dalam kampanyenya adalah "menegakkan demokrasi dengan menyerahkan sepenuhnya kekuasaan kepada rakyat." Ia mengecam sistem di AS saat ini, yang dinilainya hanya menguntungkan kalangan elite.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pencalonan diri Steyer menjadikannya kandidat ke-24 dalam bursa capres dari Demokrat. Ia harus bersaing dengan sejumlah nama besar, termasuk mantan wakil presiden Joe Biden dan juga Senator Bernie Sanders, Elizabeth Warren dan Kamala Harris.
 
Peluang Steyer untuk mendapatkan nominasi Demokrat relatif minim. Selain namanya belum terlalu dikenal masyarakat, pencalonan dirinya juga terlambat karena Demokrat sudah menggelar acara debat perdana.
 
Sebelum mencalonkan diri, Steyer adalah tokoh vokal yang bertekad memakzulkan Trump. Ia menggelontorkan sejumlah dana dari kantong pribadinya demi mendukung gerakan bertajuk Need to Impeach, merujuk pada pemakzulan Trump.
 
Namun setelah mencalonkan diri, Steyer mengaku akan mengubah fokusnya dari Trump ke sejumlah "perusahaan besar" di AS. Menurutnya, banyak perusahaan besar yang "telah membeli demokrasi" dan cenderung tidak memedulikan kepentingan masyarakat AS.
 
"Ada sesuatu yang salah di Washington DC, dan itu bukan hanya Donald Trump," sebut Steyer di Twitter. "Saya berbicara mengenai dana korporasi dan juga sistem politik cacat di negara kita," lanjutnya.
 
Sejauh ini, tokoh utama yang diunggulan dari Demokrat adalah Biden. Menurut laporan pajaknya, diketahui bahwa pendapatan Biden melonjak ke kisaran USD11 juta di tahun 2017, dari yang sebelumnya hanya USD400 ribu pada 2016.
 
Hal ini menjadikan Biden sebagai kandidat utama terkaya dari Partai Demokrat untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum 2020. Meski Steyer jauh lebih kaya dari Biden, namun namanya belum terlalu dikenal dan belum diperhitungkan sebagai kandidat utama.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif