Gunung Kilauea Muntahkan Debu Hingga 10 Km ke Udara

Fajar Nugraha 18 Mei 2018 14:57 WIB
gunung berapi
Gunung Kilauea Muntahkan Debu Hingga 10 Km ke Udara
Gunung Kilauea kembali meletus kali ini dengan kekuatan besar pada Kamis 17 Mei 2018 (Foto: AFP).
Hawaii: Gunung Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat (AS) kembali meletus. Kali ini letusannya cukup besar dan memuntahkan debu hingga 10 kilometer ke udara.
 
"Letusan ini telah melepaskan tekanan untuk sementara. Kemungkinan besar akan ada letusan tambahan yang lebih besar," ujar geologis Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) Michelle Coombs, seperti dikutip CBS, Jumat 18 Mei 2018.
 
Warga di Pulau Besar sudah diperingatkan untuk berlindung dari debu hingga gas beracun, karena level bahaya makin meningkat. Angin kemungkinan bisa membawa debu Kilauea hingga ke Kota Hilo, kota terbesar di Pulau Besar.
 
"Lindungi diri anda dari muntahan debu," imbuh peringatan USGS.
 
Beberapa warga di Pulau Besar khawatir akan terjadi letusan besar, setelah adanya batu besar yang jatuh menghantam mobil wisatawan Rabu 16 Mei. Selain itu, gempa juga sebelumnya mengguncang dan menyebabkan kerusakan pada gedung serta membuat keretakan pada jalan.
 
Tetapi untuk letusan Kilaue pada Kamis 17 Mei pukul 4.15 pagi waktu setempat ini, masih belum menyamai letusan besar yang terjadi 1924.
 
Namun Wakil Peneliti di Hawaiian National Volcano Observatory, Steve Brantley mengatakan aktivitas besar bisa terjadi kapan pun bahkan hanya selang beberap jam.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360