AS Tak Undang Tiongkok dalam Latihan Gabungan Militer
Kawasan Laut China Selatan. (Foto: AFP)
Washington: Pentagon memutuskan tidak mengundang Tiongkok dalam latihan bersama Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Keputusan ini sebagai respons atas sikap Tiongkok yang melakukan militerisasi di pulau buatan Laut China Selatan. 

"Sebagai tanggapan awal dari militerisasi Tiongkok di Laut China Selatan, kami tidak mengundang  Angkatan Laut Tiongkok untuk Latihan Lingkar Pasifik (RIMPAC) 2018," kata juru bicara Pentagon, Letkol Christopher Logan, dikutip AFP, Kamis 24 Mei 2018.

Pasalnya, Pentagon menilai sikap Tiongkok di Laut China Selatan bertentangan dengan semangat latihan Angkatan Laut.


"Militerisasi Tiongkok yang terus-menerus tersebut hanya meningkatkan ketegangan dan membuat kawasan itu menjadi tidak stabil," ujar dia.

Menanggapi pernyataan AS dan tidak diundang ke RIMPAC 2018, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan bahwa pernyataaan tersebut sangat tidak konstruktif.

"Keputusan ini adalah keputusan yang tidak membantu untuk hubungan saling pengertian antara Tiongkok dan AS," kata Wang.

Wang berharap, AS dapat mengubah pola pikir negatif tentang Tiongkok. Saat ini, Tiongkok memang sedang menggelar latihan rudal dan sistem rudal ke permukaan di wilayah Kepulauan Spratly, Laut China Selatan.

Selain itu, Angkatan Udara Tiongkok juga mendaratkan pesawat pengebom di pulau yang disengketakan dan kawasan terumbu karang.

Tiongkok juga telah menempatkan berbagai rudal di Woody Island dan pesawat tempur J-11 sebagai bagian dari latihan militernya.




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id