Kepolisian Utah berada di lokasi kecelakaan bus berisi turis Tiongkok di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, AS, 20 September 2019. (Foto: AFP/@UTHighwayPatrol)
Kepolisian Utah berada di lokasi kecelakaan bus berisi turis Tiongkok di dekat Taman Nasional Bryce Canyon, AS, 20 September 2019. (Foto: AFP/@UTHighwayPatrol)

Bus Berisi Turis Tiongkok Terguling di AS, 4 Tewas

Internasional kecelakaan bus
Willy Haryono • 21 September 2019 08:09
Utah: Sedikitnya empat orang tewas dan 15 lainnya kritis dalam kecelakaan sebuah bus berisi turis Tiongkok di Utah, Amerika Serikat, Jumat 20 September.
 
Menurut keterangan Kepolisian Jalan Raya Utah, kecelakaan terjadi pada pagi hari dekat Taman Nasional Bryce Canyon. Akses menuju taman nasional terpaksa ditutup agar ambulans dapat mengangkut seluruh korban.
 
Total terdapat 30 orang di dalam bus tersebut, termasuk seorang sopir. Kecelakaan terjadi saat bus sedang melaju menuju taman nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Empat orang tewas dengan 12 hingga 15 dalam kondisi kritis dan 10 lainnya mengalami luka ringan hingga berat," ujar Kepolisian Jalan Raya Utah di laman Twitter, dikutip dari media AFP, Sabtu 21 September 2019.
 
Pernyataan polisi disertai sebuah foto bus yang rusak parah dan berada di pinggir jalan raya. "Bus diketahui sedang melaju dari arah timur. Di tengah perjalanan, bus keluar dari jalan raya dan terguling menabrak pagar pengaman," ungkap pernyataan kantor Sheriff Garfield County.
 
Dari total korban luka, beberapa dari mereka dibawa ke rumah sakit dengan helikopter. Hingga saat ini otoritas Utah belum mengumumkan penyebab pasti kecelakaan.
 
Kedutaan Besar Tiongkok di Washington mengaku telah menerima laporan kecelakaan dan juga sudah mengirim personel ke Utah untuk membantu para korban.
 
Gubernur Utah Gary Hart mengaku sedih atas terjadinya tragedi ini. "Hati saya hancur saat mendengar berita adanya sebuah bus wisata yang mengalami kecelakaan dekat Bryce Canyon," tulisnya di Twitter.
 
"Saya turut berduka bersama semua orang yang kehilangan sanak famili mereka dalam kecelakaan ini. Saya juga berterima kasih kepada semua petugas yang bergerak cepat serta para relawan yang bersedia menjadi penerjemah," lanjutnya.
 
Bryce Canyon adalah salah satu taman nasional yang paling banyak dikunjungi turis di AS. Pada setiap tahunnya, taman tersebut dikunjungi sekitar 1,5 juta orang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif