PM Hongaria Viktor Orban. (Foto: AFP)
PM Hongaria Viktor Orban. (Foto: AFP)

Abaikan Kritik, Trump akan Sambut PM Hongaria

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 13 Mei 2019 08:56
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan menjamu Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban di Gedung Putih, Washington, pada Senin 13 Mei 2019. Trump berkukuh menerima PM Orban meski kunjungan tersebut dikritik dan ditentang sejumlah pihak.
 
PM Orban dikenal sebagai seorang politikus yang menerapkan kebijakan anti-imigran di benua Eropa. Ia juga dikenal sebagai satu dari sedikit pemimpin Eropa yang memuji sosok Trump.
 
Sikap keras PM Orban terhadap imigran -- sejumlah pihak menilainya masuk kategori xenophobia -- membuat dirinya dikucilkan, bahkan oleh beberapa elemen kubu konservatif di Hongaria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kunjungan PM Orban ke Negeri Paman Sam dilakukan kurang dari dua pekan menjelang digelarnya pemilihan umum Parlemen Uni Eropa.
 
"Menimbang jalinan kuat hubungan antara AS dengan Hongaria, presiden dan perdana menteri akan mendiskusikan cara memperkuat kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan, energi dan keamanan dunia maya," ujar juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, dilansir dari lama AFP.
 
Pengumuman kunjungan PM Orban muncul di hari yang sama saat Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo membatalkan lawatan ke Irak yang akan dilakukannya bersama Kanselir Jerman Angela Merkel. Rencana kunjungan Pompeo dan Merkel ke Irak diwacanakan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dengan Iran.
 
Sejumlah pengamat menilai Trump cenderung terbuka terhadap beberapa tokoh yang dipersepsikan publik sebagai otoriter, seperti Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi atau Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
 
September lalu, PM Orban yang berkuasa sejak 2010 memuji Trump sebagai sebuah "fenomena dan ikon."
 
Hubungan AS dengan Hongaria relatif dingin di bawah pendahulu Trump, yakni Barack Obama. Namun hubungan kembali menghangat saat sifat anti-imigran PM Orban dirasakan Trump sejalan dengan visinya.
 
Baca:PM Orban: UE Tidak Bisa Paksa Hongaria Terima Imigran
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif