Para imigran di perbatasan Amerika Serikat. (Foto: AFP).
Para imigran di perbatasan Amerika Serikat. (Foto: AFP).

Lima Bocah Guatemala Tewas di Perbatasan AS

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 21 Mei 2019 10:41
Texas: Remaja 16 tahun asal Guatemala meninggal di stasiun Patroli Perbatasan di Texas. Ia merupakan remaja kelima asal Guatemala yang meninggal dunia usai ditangkap agen patroli perbatasan Amerika Serikat (AS).
 
Perlindungan Pabean dan Perbatasan AS (CBP) mengatakan remaja itu ditahan di Rio Grande Valley Texas selatan pada 13 Mei lalu. Selama pemeriksaan di Stasiun Weslaco, dia tidak responsif saat diperiksa petugas.
 
Pihak berwenang mengatakan penyebab kematian masih belum diketahui. Namun, bocah itu melapor dirinya merasa tak enak badan kepada seorang perawat, pada Minggu, 19 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perawat mengira dia terkena flu sehingga diberikan obat Tamiflu. Ia kemudian dipindahkan ke fasilitas Weslaco agar para tahanan lainnya tidak ikut sakit.
 
Seorang agen perbatasan terakhir kali memeriksanya sekitar satu jam sebelum ditemukan meninggal dunia.
 
"Jajaran Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS merasa sedih atas meninggalnya pria muda ini. Kami turut berbelasungkawa bersama keluarganya," kata pejabat Komisi CBP John Sanders dalam sebuah pernyataan, dilansir dari laman AFP, Selasa 21 Mei 2019.
 
"CBP berkomitmen terhadap kondisi kesehatan mereka semua yang berada dalam penanganan kami," imbuh dia.
 
CBP mengidentifikasi remaja tersebut sebagai Carlos Gregorio Hernandez Vasquez. Mereka rencananya akan memindahkan Carlos ke sebuah fasilitas untuk pemuda yang dikelola Kantor Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan untuk Pengungsi (HHS).
 
Di bawah hukum federal, anak di bawah umur yang tidak didampingi harus dipindahkan ke fasilitas HHS dalam waktu 72 jam setelah ditahan. Namun tidak ada jelas alasan mengapa Carlos masih belum dipindahkan ke fasilitas tersebut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif