Ratusan Penyu Beku Terdampar di Pantai AS
Seekor penyu laut jenis Golfina. (Foto: AFP)
Massachusetts: Ratusan penyu ditemukan terdampar dalam kondisi beku di beberapa pantai di wilayah Cape Cod, Massachusetts, Amerika Serikat, sepanjang tahun ini. Sebagian besar dari penyu tersebut sudah mati.

"Kami sudah menemukan lebih dari 400 penyu beku (tahun ini). Kali ini ada 82, sebagian besar dari mereka benar-benar beku," ucap Jenette Kerr dari Massachusetts Audubon Society's Wellfleet Bay Wildlife Sanctuary kepada kantor berita Cape Cod Times, seperti dikutip oleh ABC, Minggu 25 November 2018.

Satu hari sebelum penemuan 82 penyu, tim relawan menemukan 87 ekor. Beruntung, kala itu sebagian besar dari mereka masih dalam keadaan hidup.


Para relawan menduga ratusan penyu itu mati karena perubahan drastis cuaca di tengah laut, dengan gabungan suhu dingin ekstrem dan tiupan angin kencang. Turunnya temperatur secara tiba-tiba ini yang diduga sebagai faktor utama penyebab kematian.

Turunnya temperatur secara tiba-tiba ini bukan fenomena baru. Para ilmuan menyebut fenomena ini sebagai musim cold-stun.

Cold-stun terjadi setiap tahun, namun pada 2018, para relawan menduga fenomena turunnya temperatur ini terjadi lebih awal. "Tanggal 22 Oktober adalah awal dari cold-stun di Cape Cod, dimulai lebih awal dari biasanya," ucap juru bicara Sanctuary.

Saat suhu tubuh penyu turun hingga 10 derajat Celcius, maka metabolisme hewan tersebut akan berhenti. Penyu yang beku ini kemudian terombang-ambing dan tertiup angin hingga terdampar ke area pesisir.

Penyu yang masih hidup saat ditemukan langsung dibawa ke New England Aquarium. Di sana, para staf merawat mereka hingga pulih kembali. Penyu yang sudah sehat kemudian dilepas di perairan yang lebih hangat di perairan AS bagian selatan.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id