Suasana pemillu di Peru. (Foto: Dok. KBRI Lima)
Suasana pemillu di Peru. (Foto: Dok. KBRI Lima)

100 WNI Nyoblos di Peru

Internasional pilpres 2019
Sonya Michaella • 16 April 2019 09:31
Lima: Pesta demokrasi 2019 juga terasa di wilayah Amerika Selatan, yaitu Peru. Setidaknya, 100 Warga Negara Indonesia (WNI) terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) wilayah Peru dan Bolivia untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu.
 
PPLN Lima juga menyediakan Kotak Suara Keliling (KSK) bagi pemilih yang tidak bisa mendatangi TPS di KBRI Lima. Selain itu KPPSLN Pos Lima juga telah memfasilitasi pemungutan suara melalui metode pos, yang mengirimkan Surat Suara ke Pemilih pada 13 Maret 2019.
 
Secara umum proses pemungutan suara di Lima yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore waktu setempat telah berjalan dengan baik, lancar dan tertib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat Indonesia di Lima memiliki latar belakang profesi yang berbeda, antara lain, rohaniwan, anak buah kapal (ABK), pekerja swasta, mahasiswa serta WNI yang menikah dengan warga setempat.
 
Menurut keterangan tertulis dari KBRI Lima kepada Medcom.id, Selasa 16 April 2019, ada WNI yang harus menempuh perjalanan yang panjang selama dua jam demi mencoblos di KBRI Lima.
 
Meskipun memiliki latar belakang profesi, daerah maupun pilihan calon yang berbeda, semangat persatuan para WNI di Lima sangat terasa. Beberapa WNI yang merupakan karyawan swasta dan misionaris bahkan mengambil libur khusus pada tanggal 13 April kemarin untuk dapat memberikan hak pilihnya.
 
Selepas melakukan pencoblosan, para WNI disuguhi dengan makan bersama berupa bakso lengkap dan es buah untuk mengobati rasa rindu pada Tanah Air. Mereka juga disuguhi lagu dan tari-tarian khas Nusantara.
 

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif