Kondisi Rumah Sakit Badim di Rio de Janeiro, Brasil, Jumat 13 September 2019 usai terbakar satu hari sebelumnya. (Foto: AFP/MAURO PIMENTEL)
Kondisi Rumah Sakit Badim di Rio de Janeiro, Brasil, Jumat 13 September 2019 usai terbakar satu hari sebelumnya. (Foto: AFP/MAURO PIMENTEL)

Kebakaran di RS Brasil Tewaskan 11 Orang

Internasional kebakaran brasil
Willy Haryono • 14 September 2019 08:41
Rio de Janeiro: Kebakaran di sebuah rumah sakit di kota Rio de Janeiro, Brasil, menewaskan sedikitnya 11 orang. Kebakaran yang terjadi secara mendadak ini memaksa evakuasi massa seluruh pasien dan staf medis.
 
Otoritas rumah sakit mengatakan kebakaran yang terjadi pada Kamis malam itu diakibatka hubungan pendek arus listrik di generator. Meski begitu, wali kota Rio de Janeiro belum mau mengesampingkan kemungkinan terjadinya sabotase.
 
Petugas pemadam berjuang selama beberapa jam dan berhasil memadamkan kebakaran di rumah sakit Badim, yang berlokasi dekat stadion sepak bola Maracana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur RS Badim, Fabio Santoro, mengatakan pada Jumat 13 September 2019 bahwa sebelas korban tewas telah terkonfirmasi dan pencarian masih dilakukan terhadap satu pasien yang dikabarkan hilang.
 
Terdapat 103 pasien saat kebakaran terjadi. Lebih dari 100 dokter dikerahkan untuk membantu korban kebakaran. Sebanyak 70 dari mereka dikerahkan ke beberapa rumah sakit lain, dan 14 lainnya diperbolehkan pulang.
 
"Para dokter mendatangi saya dan mengatakan telah terjadi kebakaran sehingga kami harus segera melarikan diri," kata Teresa Dias, warga Brasil yang sedang menjenguk ayahnya, kepada kantor berita AFP.
 
"Mereka menaruh ayah saya di kursi roda. Ayah saya diikat agar tidak jatuh. Saya melihat ada banyak orang sakit di bagian tangga saat evakuasi," lanjutnya.
 
Para staf rumah sakit beramai-ramai mengevakuasi pasien dan juga mengeluarkan berbagai peralatan medis.
 
Wali Kota Rio de Janeiro, Marcelo Crivella, mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki kebakaran ini, apakah terjadi karena masalah teknis atau ada kemungkinan lain.
 
"Tim ahli akan mencari tahu apakah ada orang yang bertanggung jawab atas kebakaran ini. Saya berharap dugaan saya salah, tapi kami harus memeriksa ada tidaknya sabotase," ungkap Crivella.
 
Februari lalu. sepuluh remaja anggota klub sepak bola Flamengo tewas dalam kebakaran di sebuah gedung di lokasi pelatihan di Rio de Janeiro.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif