Pangkalan militer Tiongkok di Djibouti, Afrika Timur. (Foto: AFP)
Pangkalan militer Tiongkok di Djibouti, Afrika Timur. (Foto: AFP)

Kemhan AS Harap Tiongkok Tambah Pangkalan Militer

Internasional as-tiongkok
Sonya Michaella • 03 Mei 2019 12:20
Washington: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengharapkan Tiongkok segera menambah pangkalan militer di seluruh dunia untuk melindungi investasi AS dalam program One Belt One Road (OBOR).
 
Saat ini, Beijing hanya memiliki satu pangkalan militer di luar negeri yaitu di Djibouti. Beredar kabar bahwa Tiongkok merencanakan akan membangun pangkalan militer di Pakistan.
 
"Kemajuan Tiongkok atas proyek-proyek OBOR mungkin akan dibutuhkan banyak pangkalan militer untuk keamanan proyek-proyek tersebut," kata Pentagon, dikutip dari AFP, Jumat 3 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS menyarankan, lokasi yang tepat untuk pangkalan militer Tiongkok adalah Timur Tengah, Asia Tenggara dan Pasifik Barat. Namun, upaya ini dapat menimbulkan kekhawatiran dari negara lain.
 
"Tiongkok akan berusaha untuk membangun pangkalan di negara-negara yang memiliki hubungan persahabatan dan kepentingan strategis serupa dan ada kemampuan negara itu untuk menampung militer asing," sebut pernyataan Pentagon lagi.
 
Sejumlah media AS mengidentifikasi bahwa Tiongkok tengah memproyeksikan pangkalan militer di Tajikistan timur, dekat persimpangan Wakhan dan Pakistan.
 
Tiongkok dinilai sedang memproyeksikan kekuatan negara di 'halaman belakang' seperti Asia Timur dan Tenggara, termasuk memperkuat kehadiran negara di lembaga-lembaga internasional serta membangun keberadaan ekonomi yang kuat di seluruh dunia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif