Michele Flournoy (Foto: AP)
Michele Flournoy (Foto: AP)

Kemhan AS Kemungkinan Dipimpin Seorang Perempuan

Fajar Nugraha • 25 November 2014 10:20
medcom.id, Washington: Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Chuck Hagel baru saja mengumumkan untuk mundur. Belum ada pengumuman tentang penggantinya, tetapi ada kabar seorang perempuan akan menempati posisi itu.
 
Michele Flournoy disebut-sebut akan menempati posisi yang dijabat oleh Hagel. Sosok Flournoy dikenal sebagai mantan Wakil Menteri Pertahanan untuk urusan kebijakan politik. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (25/11/2014).
 
Perempuan berusia 53 tahun ini, bisa menjadi Menhan Perempuan pertama yang pernah dimiliki oleh AS. Bahkan sejak lama nama Flournoy dipertimbangkan untuk masuk dalam kabinet bila Demokrat menang dalam Pilpres AS 2016. Namanya teratas menjabat posisi Menhan, khususnya bila Hillary Clinton mencalonkan diri sebagai Presiden AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikenal sebagai sosok yang paham dalam isu pertahanan, Flournoy dianggap mengerti permainan dari proses konfirmasi dari senat yang saat ini dipimpin oleh Partai Republik.
 
Selama di Kemhan AS, Flournoy sempat berkarier sebagai Wakil Menteri untuk urusan kebijakan sejak Februari 2009 hingga 2012. Selain itu, Flournoy juga memimpin tim transisi Kementerian Pertahanan pada 2008.
 
Lulusan Harvard ini, dikenal sebagai salah satu pendiri  Center for a New American Security (CNAS). Lembaga tersebut membahas mengenai dunia pertahanan dan dibiayai oleh para kontrak pertahanan.
 
Sebagai Menhan AS, Flournoy diperkirakan akan mengikuti langkah pendahulunya untuk mendesak tambahan dana bagi Pentagon.
 
Selain Flournoy, masih ada nama-nama lain yang beredar. Dua nama lain yang diperkirakan akan menggantikan Hadel antara lain, mantan Wamenhan Ashton Carter. Kemudian ada nama Senator Jack Reed, namun Reed menegaskan tidak tertarik tugas sebagai Menhan AS.
 
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif