Ilustrasi korban tenggelam. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi korban tenggelam. (Foto: Medcom.id)

Dua Imigran Tewas dalam Insiden Perahu di Meksiko

Internasional imigran gelap
Willy Haryono • 12 Oktober 2019 15:04
Chiapas: Dua orang tewas dan satu lainnya hilang saat perahu kecil yang mereka naiki tenggelam di lepas pantai Meksiko selatan, Jumat 11 Oktober. Perahu itu tenggelam usai bertolak dari negara bagian Chiapas.
 
Seorang pria berusia 39 tahun ditemukan tewas terdampar di pinggir pantai. Jasad kedua ditemukan tak lama kemudian, beberapa ratus meter dari korban pertama.
 
"Operasi petugas kami telah berhasil menyelamatkan delapan imigran," ucap pernyataan sebuah kantor kejaksaan di Meksiko. Namun hingga kini, masih ada satu imigran yang dilaporkan hilang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disitat dari laman Gulf Today, Sabtu 12 Oktober 2019, semua korban berasal dari Kamerun -- negara yang dilanda konflik bersenjata antara komunitas berbahasa Prancis dan Inggris.
 
Chiapas adalah titik perlintasan utama bagi para imigran di Meksiko yang ingin mencapai Amerika Serikat. Sebagian besar imigran dari Chiapas biasanya berasal dari negara-negara Amerika Tengah.
 
Namun dalam beberapa tahun terakhir, Chiapas juga dipadati imigran yang berasal dari benua Afrika. Biasanya para imigran Afrika itu datang ke Amerika Selatan dengan menggunakan pesawat.
 
Imigran gelap tak berdokumen biasanya menggunakan perahu untuk menghindari pantauan petugas di Meksiko selatan. Di wilayah tersebut, Pemerintah Meksiko telah menyiagakan 6.000 personel keamanan untuk mengamankan perbatasan.
 
Pengerahan ribuan aparat merupakan bagian dari perjanjian dengan Presiden AS Donald Trump, yang mengancam akan menjatuhkan tarif besar terhadap barang-barang dari Meksiko.
 
Di bawah perjanjian itu, Pemerintah Meksiko telah mengerahkan tambahan 15 ribu petugas ke perbatasan utara dan menerima lebih dari 50 ribu orang dari AS. Puluhan ribu orang itu diwajibkan menunggu di Meksiko sembari menunggu permohonan suaka mereka diproses di AS.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif