Belasan imigran anak-anak asal Guatemala ditangkap polisi di Meksiko saat berusaha menyeberang secara ilegal ke Amerika Serikat -- JOHAN ORDONEZ / AFP
Belasan imigran anak-anak asal Guatemala ditangkap polisi di Meksiko saat berusaha menyeberang secara ilegal ke Amerika Serikat -- JOHAN ORDONEZ / AFP

Polisi Meksiko Selamatkan 458 Anak dari Pengungsian tak Layak

Internasional politik meksiko
Willy Haryono • 16 Juli 2014 13:32
medcom.id, Mexico City: Pemerintah Meksiko menyelamatkan 458 anak-anak dari sebuah kompleks pengungsian tak layak huni di kota Zamora, Meksiko, Selasa (15/7/2014). Beberapa dari mereka diyakini telah menjadi korban pelecehan seksual.
 
Polisi dan tentara Meksiko menggerebek pengungsian yang dikenal dengan "La Gran Familia" (Keluarga Besar), setelah adanya 50 keluhan dari warga sekitar. Dipenuhi tikus, serangga serta kutu, rumah pengungsian itu dijalankan Rosa Verduzco, yang saat ini masih diperiksa.
 
Pengungsian itu menjadi rumah bagi 278 anak laki-laki, 174 perempuan dan enam balita serta 138 orang dewasa di atas umum 40 tahun. "Kami menemukan sekitar 500 anak dalam kondisi memprihatinkan," ucap Jaksa Agung Jesus Murillo seperti dilansir Reuters.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anak-anak di pengungsian diketahui mengemis di jalanan, memakan makanan tidak sehat dan tidur di lantai. Bayi yang lahir di sana terdaftar sebagai anak Verduzco, sementara orangtua aslinya tidak diberitahu.
 
Didirikan pada 1947, La Gran Familia adalah tempat bagi anak-anak yang ditelantarkan orangtuanya. Rumah ini juga memberikan kesempatan bagi penghuninya untuk bersekolah. Menurut akun La Gran Familia di Facebook, dana operasionalnya didapat dari donasi.
 
Saat ini ratusan anak La Gran Familia menjalani perawatan fisik dan mental, serta akan dipindahkan ke tempat tinggal yang lebih layak.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif