Utusan Khusus AS untuk Rekonsilitasi Afghanistan Zalmay Khalilzad. (AFP)
Utusan Khusus AS untuk Rekonsilitasi Afghanistan Zalmay Khalilzad. (AFP)

AS Berharap Afghanistan dan Taliban Berdamai Sebelum Pemilu

Internasional taliban afghanistan
Arpan Rahman • 09 Februari 2019 18:39
Washington: Amerika Serikat berharap Afghanistan dapat mencapai sebuah perjanjian damai yang melibatkan kelompok pemberontak Taliban sebelum pemilihan umum di negara tersebut digelar pada Juli mendatang.
 
"Akan menjadi hal yang baik bagi Afghanistan jika ada perjanjian damai sebelum pemilu," ujar Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad, seperti disitir dari laman NDTV, Sabtu 9 Februari 2019.
 
Khalilzad, yang memimpin perundingan AS dengan Taliban, menyampaikan hal tersebut dalam sebuah acara di US Institute of Peace di Washington. Di sana ia mendiskusikan berbagai upaya untuk mencari solusi politik dari konflik di Afghanistan yang sudah berjalan 17 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang mantan Duta Besar AS untuk Afghanistan, Khalilzad dalam beberapa bulan terakhir telah bertemu perwakilan Taliban di Qatar. Ia merupakan andalan AS dalam membujuk Taliban agar mau berdiskusi langsung dengan Afghanistan.
 
Baca:AS Tegaskan Afghanistan Harus Dilibatkan dalam Dialog Damai
 
Setelah pertemuan di Doha, Khalilzad mengekspresikan optimisme, namun tetap berhati-hati. Ia menyebut kerangka perjanjian sudah dibuat, tapi menekankan bahwa belum ada finalisasi apapun.
 
Sejumlah kritikus skeptis mengenai pertemuan AS dan Taliban di Doha dan juga yang digelar di Moskow. Kedua pertemuan itu tidak melibatkan pemerintah Afghanistan.
 
Sementara itu dalam pidato kenegaraan State of the Union, Presiden AS Donald Trump menyinggung konflik Afghanistan. Ia mengatakan inilah saat yang tepat "untuk setidaknya mencoba perdamaian."
 
Afghanistan dilanda gelombang konflik sejak invasi Uni Soviet pada 1979. Setelahnya, Afghanistan dilanda perang sipil, pemberontak Taliban dan invasi AS pada akhir 2001.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif