Presiden AS Donald Trump dan mantan Menteri Pertahanan AS James Mattis. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump dan mantan Menteri Pertahanan AS James Mattis. (Foto: AFP)

Trump Klaim Pecat Mantan Menhan James Mattis

Internasional amerika serikat donald trump
Sonya Michaella • 03 Januari 2019 09:56
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim dirinya lah yang memecat James Mattis, mantan menteri pertahanan. Ia juga melontarkan kritikan kepada pria yang dijuluki 'Mad Dog' itu.

Trump mengaku tak puas dengan performa Mattis selama menjabat sebagai menhan, terutama untuk krisis Afghanistan. Trump juga memecat Mattis meski surat pengunduran diri telah terlebih dahulu sampai ke meja kerjanya pada 20 Desember 2018

"Apa yang sudah dia (Mattis) lakukan bagi saya? Lihat saya hasil kerjanya di Afghanistan," kata Trump, dikutip dari AFP, Kamis 3 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Bahwa benar jika Barack Obama pernah memecatnya, maka saya pun memecat dia," lanjut Trump. Baca: Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mundur

Mattis, seorang mantan jenderal marinir, pernah menjabat sebagai Kepala Komando Pusat saat Obama menjadi Presiden As. Ia dipecat pada 2013 karena pandangannya terlalu keras terhadap Iran.

Sebelum menyindir Mattis, Trump pernah memuji Mattis sebagai sosok yang tegas. Saat ini, posisi Mattis digantikan oleh Patrick Shanahan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menhan.

Pengunduran diri Mattis terjadi usai Trump mendeklarasikan kemenangan AS atas Islamic State (ISIS) di Suriah. Trump juga mengumumkan rencana penarikan pasukan AS dari negara tersebut.

Meski demikian, Mattis tidak menjelaskan rinci mengenai posisinya yang tidak setuju terkait penarikan pasukan AS dari Suriah, seperti yang diinginkan Trump.

Namun, secara tegas dia mengatakan kekuatan AS sebagian bergantung pada sekutu di seluruh dunia.



(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi