Presiden AS Donald Trump tiba di Maryland usai menghabiskan akhir pekan di resor Mar-a-Lago di Florida, Minggu 24 Maret 2019. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)
Presiden AS Donald Trump tiba di Maryland usai menghabiskan akhir pekan di resor Mar-a-Lago di Florida, Minggu 24 Maret 2019. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)

Trump Nyatakan Dirinya Terbebas dari Dugaan Kolusi Rusia

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 25 Maret 2019 12:01
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendeklarasikan dirinya telah "terbebas sepenuhnya" dari dugaan adanya kolusi dengan Rusia semasa kampanye pemilihan umum 2016. Pernyataan disampaikan usai laporan akhir dari investigasi dugaan kolusi yang dipimpin Penasihat Khusus Robert Mueller disampaikan ke Kongres AS.
 
Kesimpulan laporan Mueller menyebutkan bahwa tidak ada anggota kampanye yang berkonspirasi atau berkoordinasi dengan Rusia untuk mendukung Trump dalam pemilu yang telah berlangsung lebih dari dua tahun lalu.
 
Meski belum sepenuhnya membersihkan nama presiden, surat dari Jaksa Agung William Barr yang berisikan kesimpulan laporan Mueller untuk Kongres AS telah menyingkirkan awan gelap seputar legitimasi Trump sebagai kepala negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada kolusi dengan Rusia. Tidak ada penghalangan proses hukum. Saya sudah benar-benar terbebas total," ujar Trump merespons kesimpulan laporan Mueller, seperti dikutip dari laman AFP, Minggu 24 Maret 2019.
 
"Merupakan hal memalukan negara kita harus melewati semua ini," lanjut dia. "Semua ini merupakan upaya ilegal menjatuhkan (presiden) yang telah berakhir gagal," lanjut dia.
 
Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih Hogan Gidley mengatakan bahwa Trump berada dalam "kondisi baik" dan "sangat bahagia dengan hasil akhir ini." Ia mengatakan sang presiden menonton televisi, berdiskusi dengan para staf dan menelepon beberapa orang dalam penerbangan pulang dari resor Mar-a-Lago miliknya di Florida.
 
Menyimpulkan laporan Mueller, Barr mengatakan tim kampanye Trump tidak terlibat konspirasi dengan Rusia pada 2016, termasuk mengenai peretasan surat elektronik beberapa tokoh Partai Demokrat untuk mencoreng nama Hillary Clinton.
 
Barr mengaku tidak terkejut dengan laporan tersebut, karena sejak awal tim Mueller sudah mengatakan tidak akan ada lagi penuntutan atau dakwaan. Sebelumnya, Mueller telah mendakwa enam mantan ajudan Trump dan juga sejumlah warga Rusia.
 
Sementara mengenai dugaan menghalangi proses hukum yang juga dialamatkan kepada Trump, Mueller memiliki beberapa bukti, namun tidak yakin apakah semua itu cukup untuk melayangkan tuntutan.
 
"Meski tidak menyimpulkan bahwa presiden melakukan kejahatan, laporan ini juga tidak membebaskan (sepenuhnya) Trump," ucap Barr, mengutip pernyataan Mueller.
 
Baca:Laporan Buktikan Trump Tak Terkait Konspirasi Rusia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif