Tim Never Before dari sekolah Madrasah Aliyah TechnoNatura berhasil memenangkan medali perak di pertandingan robotik World First yang diselenggarakan di Amerika Serikat (AS). (Foto:MTVN/Sonya Michaella)
Tim Never Before dari sekolah Madrasah Aliyah TechnoNatura berhasil memenangkan medali perak di pertandingan robotik World First yang diselenggarakan di Amerika Serikat (AS). (Foto:MTVN/Sonya Michaella)

Never Before, Tim Robotik Muda Indonesia yang Mengguncang Dunia

Internasional pelajar indonesia-as
Marcheilla Ariesta • 20 September 2017 19:20
medcom.id, Jakarta: Indonesia patut berbangga memiliki anak-anak muda yang berprestasi di kancah internasional. Anak-anak muda ini tergabung dalam tim Never Before dari sekolah Madrasah Aliyah TechnoNatura.
 
Anak-anak muda ini berhasil memenangkan medali perak di pertandingan robotik World First yang diselenggarakan di Amerika Serikat (AS). Tim yang terdiri dari tujuh anak muda ini bertanding melawan 157 tim lainnya yang berasal dari seluruh penjuru dunia.
 
Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan mengaku tak ada yang menyangka bahwa tim robotik Indonesia bisa membawa pulang medali perak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi mereka yang pertama kali mendengar kata Indonesia, pastik tak perna berpikir bahwa tim robotik dari negara itu berhasil menyabet medali perak di kompetisi robotik internasional. Dan hari ini saya menyambut tim robotika Never Before TechnoNatura," kata Donovan saat ditemui di @america, Jakarta, Rabu 20 September 2017.
 
Hal ini, menurut Donovan merupakan satu kemajuan besar bagi Indonesia sebagai negara berkembang. Indonesia dianggap mampu untuk bersaing dengan negara-negara besar di dunia.
 
Kunci keberhasilan para siswa madrasah ini adalah mempelajari sains, teknologi, rekayasa dan matematika (STEM). Menurut Donovan, STEM merupakan kunci pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dan kesempatan bagi seluruh orang di dunia untuk maju di masa depan.
 
Donovan mengungkapkan STEM merupakan prioritas tinggi di seluruh kedutaan AS, tak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Hal ini juga menjadi cara untuk semakin mempererat hubungan AS dengan negara-negara mitra.
 
"Berbagi temuan baru, inovasi baru merupakan cara memperdalam dan memperluas hubungan dua negara," ujarnya.
 
Tim Never Before berhasil memenangkan medali perak di kompetisi dengan menggunakan robot yang diberi nama WowWi. Robot ini dibuat untuk bisa memilah warna, dan melemparkan bola.
 
Dalam kompetisi, robot WowWi diminta untuk memilah bola berwarna merah dan biru, yang merupakan representasi air kotor dan jernih. Robot ini dikendalikan dengan menggunakan alat permainan konsol.
 
Dubes Donovan menyarankan agar anak-anak dari tim Never Before ini bisa melanjutkan pendidikan tinggi di bidang STEM di AS. Harapannya, mereka bisa kembali ke Indonesia dan membawa perubahan bagi teknologi di tanah air.

 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif