Menhan AS Chuck Hagel bersama Presiden Obama (Foto: AP)
Menhan AS Chuck Hagel bersama Presiden Obama (Foto: AP)

Diduga Ditekan Gedung Putih, Menhan AS Mundur

Fajar Nugraha • 25 November 2014 09:52
medcom.id, Washington: Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Chuck Hagel secara mengejutkan mengumumkan untuk mengundurkan diri. Diduga, keputusan ini ada desakan dari Gedung Putih.
 
Baik Presiden Barack Obama maupun Hagel menyatakan, keputusan ini diambil atas keingan bersama. Tetapi ada dugaan bahwa Hagel terus menerus dicampuri oleh pihak Gedung Putih setiap ingin mengambil keputusan.
 
Beberapa komentar menunjukkan bahwa Hagel sempat bersitegang dengan penasihat keamanan Obama. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak Gedung Putih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bukan berarti bahwa Menhan Hagel tidak melakukan tugasnya dengan baik dalam mengatasi krisis yang negara ini hadapi. Tetapi juga berarti bahwa dalam sisa dua tahun ke depan, ada menteri lain yang mungkin lebih cocok menghadapi tantangan yang ada," ujar Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest, seperti dikutip Associated Press, Selasa (25/11/2014).
 
Meski ada suara yang menunjukkan bahwa Hagel dipecat, seorang staf senior komite keamanan nasional di Kongres menyebutkan hal itu bukan masalahnya.
 
"Hagel yang memutuskan mundur. Dirinya sendiri yang merasa tidak sejalan dengan pemerintahan," jelas staf yang enggan memberitahu namanya.
 
Sementara beberapa politikus di AS menilai kondisi Hagel saat ini serupa dengan Menhan AS sebelumnya, seperti Robert Gatesdan Leon Panetta. Keduanya mengeluhkan adanya intervens dari penasihat Gedung Putih dalam pengambilan keputusan kementerian pertahanan.
 
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif