Menlu Retno: G20 Harus jadi Teladan Dunia
Pertemuan para Menteri Luar Negeri G20. (Foto: Dok. Kemenlu).
Buenos Aires: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan G20 harus menjadi teladan bagi dunia. Hal ini disampaikan dalam pertemuan para menteri luar negeri G20 di Buenos Aires, Argentina.

"G20 harus memimpin dengan keteladanan, dan selalu berupaya menjadi solusi permasalahan global," ujar Menlu Retno dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri, Selasa 22 Mei 2018.

Menlu Retno berbicara dalam sesi pertama pertemuan dengan tema 'Multilateralism and Global Governance'. Dia menyampaikan pentingnya menjaga keseimbangan dan kepentingan negara maju dan berkembang.


Dia menambahkan G20 perlu untuk meningkatkan upaya dalam menyelesaikan pembahasan berbagai isu strategis global. Dia juga mengutarakan pentingnya multilateralisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemarin, Menlu Retno juga mengajak negara-negara anggota G20 untuk berkontribusi dalam melawan terorisme. 

"G20 harus menunjukkan kepemimpinan dan berkontribusi konkret dalam melawan terorisme untuk menjaga keamanan dan perdamaian dunia," katanya dallam working dinner Menlu G20 di Argentina.

Dia menegaskan menegaskan ancaman terorisme masih sangat nyata. Mantan dubes RI untuk Belanda itu juga mengungkapkan bagaimana Indonesia bekerja cepat untuk mengungkap jaringan teror yang melakukan aksi di Surabaya dan Riau.

Bahkan dia mengusulkan isu counter-terrorism menjadi bagian integral dalam pembahasan di G20.



(WIL)