Ucapan Selamat Trump untuk Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Istimewa).
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucapkan selamat atas dilantiknya Presiden Rusia Vladimir Putin. Ini merupakan jabatan keempat kalinya untuk Putin.

"Presiden memberi selamat kepadanya dan menantikan saat-saat kami bisa memiliki hubungan yang baik dengan Rusia," ucap Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders, seperti dilaporkan AFP, Selasa 8 Maret 2018.

Sanders melanjutkan, rakyat AS menanti untuk dapat berkumpul dalam damai dengan saudara-saudara di Rusia.


Putin kembali dilantik menjadi Presiden Rusia keempat kalinya pada Senin 7 Mei 2018. Putin mengucap sumpah sambil berdiri di Aula Andreyvesky, di dalam Istana Kremlin yang penuh dengan ornamen.

Baca: Putin Dilantik jadi Presiden Rusia untuk Periode Keempat

Dalam pemilu Maret kemarin, Putin mendapatkan perolehan suara yang cukup besar, yakni 76,7 persen. "Ini adalah tugas saya dan tujuan hidup saya untuk melakukan segala kemungkinan bagi Rusia, untuk saat ini dan masa depan," kata Putin mengucapkan sumpahnya.

Putin merupakan pemimpin terlama Rusia kedua sejak diktator Soviet Joseph Stalin yang memimpin selama 40 tahun. Ratusan pendukung Putin yang menunggu di luar Kremlin membawa spanduk bergambarkan Putin dan meneriakkan namanya.

Sementara itu, pelantikan Putin digelar sederhana dan tak tampak mewah seperti tahun-tahun sebelumnya. Pejabat Kremlin menyebutkan, kesederhanaan ini memang upaya nyata untuk menghindari publisitas buruk oposisi.



(FJR)