Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama PM Australia Scott Morrison (dua kanan) di Gedung Putih, Washington, Jumat 20 September 2019. (Foto: AFP/Alex Wong/Getty)
Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama PM Australia Scott Morrison (dua kanan) di Gedung Putih, Washington, Jumat 20 September 2019. (Foto: AFP/Alex Wong/Getty)

PM Australia Dijamu Makan Malam Kenegaraan di AS

Internasional amerika serikat australia
Willy Haryono • 21 September 2019 14:37
Washington: Perdana Menteri Australia Scott Morrison mendapat jamuan makan malam kenegaraan saat memulai kunjungannya ke Amerika Serikat. Ia adalah pemimpin global kedua yang mendapat perlakuan seperti itu di AS setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron.
 
Saat tiba di Gedung Putih, Morrison disambut Presiden AS Donald Trump dan juga band kemiliteran. Gestur penghormatan senjata juga diberikan saat Morrison dan Trump berjalan bersama di Gedung Putih.
 
"Warga Australia dan Amerika saling memahami. Kami telah melakukan apa yang dilakukan sahabat sejati: selalu mendukung satu sama lain," tutur Morrison, dikutip dari AFP, Jumat 20 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua pemimpin konservatif itu pernah menghabiskan waktu bersama dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang, pada Juni lalu. Di bulan yang sama, Morrison dan Trump juga bertemu dalam sebuah acara di Portsmouth, Inggris.
 
Saat makan malam bersama Morrison di Osaka, Trump memuji orang nomor satu di Negeri Kanguru itu. Trump mengklaim dirinya sudah memprediksi Morrison akan menjadi PM Australia.
 
"Dia tidak mengejutkan saya, tapi dia membuat banyak orang lain terkejut. Itulah bukti bahwa saya mengenalnya. Saya rasa dia akan menjalankan tugasnya dengan baik, dan memang faktanya demikian," ungkap Trump kepada para pejabat AS dan Australia.
 
Morrison menjadi PM pada Agustus 2018 dan menang dalam pemilihan umum ulang pada Mei lalu. Ia dikenal sebagai PM Australia yang menerapkan kebijakan tegas di bidang keimigrasian.
 
Terus dipuji, Morrison balas memuji Trump dan menyebutnya sebagai sosok "pemimpin kuat yang selalu membuktikan omongannya."
 
"Saya menjalin hubungan baik dengannya," kata Morrison dalam wawancara yang berlangsung belum lama ini.
 
Dalam lawatannya di AS, PM Morrison akan mengunjungi markas Badan Antariksa AS atau NASA dan juga mendatangi Chicago untuk menemui sejumlah pebisnis di bidang teknologi. Ia akan berada di AS dari tanggal 19 hingga 27 September mendatang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif