Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Komentari Isu Aborsi, Trump Mengaku Pro-Kehidupan

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 19 Mei 2019 19:19
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya buka suara mengenai aborsi yang menjadi isu kontroversial di beberapa negara bagian. Trump menegaskan dirinya menentang aborsi, kecuali dalam kasus pemerkosaan, inses atau adanya "risiko kesehatan serius" pada ibu hamil.
 
Pernyataan Trump keluar beberapa hari usai negara bagian Alabama meloloskan aturan baru yang melarang aborsi dalam hampir semua jenis kasus. Unjuk rasa menentang aturan baru tersebut dijadwalkan digelar sekelompok warga AS pada Minggu ini.
 
"Saya sangat pro-kehidupan, dengan tiga pengecualian -- pemerkosaan, inses atau melindungi nyawa seorang ibu. Posisi saya sama dengan yang telah diambil Ronald Reagan," ungkap Trump, dikutip dari laman BBC, Minggu 19 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan berbagai langkah yudisial yang telah dilakukannya, termasuk menempatkan Neil Gorsuch dan Brett Kavanaugh di kursi Mahkamah Agung AS, telah membantu menjadikan aturan mengenai aborsi di beberapa negara bagian lebih ketat.
 
"Sudah ada kemajuan berarti sejak dua tahun terakhir dengan adanya 105 hakim federal baru dan dua hakim mahkamah agung. Terdapat pula kemajuan positif mengenai hak untuk hidup," sebut Trump, merujuk pada sikap menentang aborsi.
 
Aborsi adalah isu kontroversial di AS, dimana sekelompok umat Kristen ingin melarang sepenuhnya prosedur aborsi. Trump telah mengubah sikapnya mengenai aborsi dalam beberapa tahun terakhir.
 
Pada 1999, Trump menegaskan dirinya merupakan tokoh yang menghormati pilihan seseorang dan "sangat membenci aborsi."
 
Namun pada Maret 2016, Trump mengklarifikasi posisinya, bahwa dia "pro-kehidupan dengan beberapa pengecualian."
 
Baca:Trump Sebut Wanita yang Lakukan Aborsi Harus Dihukum
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif