Turnamen pencak silat yang digelar di AS. (Foto: Dok. KBRI Washington DC)
Turnamen pencak silat yang digelar di AS. (Foto: Dok. KBRI Washington DC)

Pencak Silat Semakin Populer di AS

Internasional indonesia-as
Sonya Michaella • 25 Juni 2019 09:23
Washington: Olahraga tradisional asal Indonesia, pencak silat, kini semakin populer di Amerika Serikat (AS). Dibuktikan dengan antusiasme warga AS dalam penyelenggaraan turnamen pencak silat pertama di Negeri Paman Sam.
 
Pesertanya datang dari berbagai negara misalnya Singapura dan Jepang serta dari sejumlah negara bagian AS seperti Virginia, Maryland dan New York.
 
Meski baru pertama kali diadakan, namun turnamen ini pantas diacungi jempol. Bahkan, informasi skor atau nilai pun sudah menggunakan sistem elektronik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penyelenggaraan turnamen ini sebagai bagian dari upaya mempromosikan cabang olahraga tradisional Indonesia di AS," kata Duta Besar RI untuk AS Mahendra Siregar, dalam keterangan tertulis KBRI Washington DC kepada Medcom.id, Selasa 25 Juni 2019.
 
"Saya berharap agar turnamen ini dapat diselenggarakan setiap tahun, sehingga akan membuat pencak silat semakin populer di berbagai kalangan masyarakat di AS. KBRI Washington DC akan selalu memberikan perhatian besar terhadap pengembangan Pencak Silat di AS," lanjutnya.
 
Menurut Ketua Penyelenggara Turnamen, Wona Sumantri, penyelenggaraan turnamen ini bertujuan untuk mempromosikan pencak silat di AS sebagai bagian dari upaya untuk memasukkan cabang olah raga ini agar dapat dipertandingkan di olimpiade.
 
Untuk semakin mempopulerkan pencak silat kepada masyarakat AS, pada September 2019 mendatang akan digelar Festival Pencak Silat di Rockville, Maryland. Festival ini antara lain akan menampilkan lokakarya silat tradisional serta pertunjukan seni budaya Indonesia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif