Ratusan Rumah Hancur Terkena Lava Gunung Kiluaea Hawaii
Lava mengalir di Jalan Kahukai di Hawaii, AS, 31 Mei 2018. (Foto: AFP/USGS)
Puna: Ratusan rumah di pinggir pantai hancur terkena aliran lava dari gunung berapi Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat (AS), Selasa 5 Juni 2018.

"Kami kehilangan ratusan rumah di Kapoho Beach Lots dan Vacationland dalam waktu semalam, tapi kami tidak tahu jumlah pastinya," ujar juru bicara pemerintah Hawaii County Janey Snyder kepada kantor berita AFP.

Dia menambahkan ratusan rumah itu adalah tambahan dari 117 yang sudah hancur sebelumnya, saat Kilauea meletus pada 3 Mei. Erupsi telah memicu evakuasi sekitar 2.500 orang.


Warga di Kapoho Beach Lots dan Vacationland sudah diperintahkan untuk meninggalkan rumah masing-masing. Sejauh ini, tidak ada laporan korban tewas maupun luka dari dua wilayah tersebut.

Satu dari ratusan rumah pinggir pantai yang hancur terkena lava adalah milik Wali Kota Hawaii County Harry Kim. "Rumah keduanya hancur terkena lava," sebut Snyder.

Organisasi Hawaiian Volcano Observatory melaporkan bahwa pada Selasa dini hari, lava telah sepenuhnya memenuhi Kapoho Bay dan mengepung sebagian besar Vacationland.

Sementara itu serangkaian gempa dilaporkan mengguncang Hawaii sejak Senin malam hingga Selasa pagi, termasuk yang berkekuatan 5,5 Skala Richter.

Lava telah melalap area seluas hampir 20 kilometer per segi di Hawaii sejak Kilauea meletus. 

Sejumlah ilmuwan menduga aktivitas vulkanik saat ini adalah awal dari erupsi besar Kilauea, saat seperti yang pernah terjadi pada pertengahan 1920-an.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id