Badai Willa Hantam Pesisir Barat Meksiko
Banjir akibat Badai Willa menggenangi kota Escuinapa, Sinaloa, Meksiko, 23 Oktober 2018. (Foto: AFP/ALFREDO ESTRELLA)
Mexico City: Badai Willa menghantam pesisir barat Meksiko, Selasa 23 Oktober 2018, dengan membawa angin kencang dan hujan deras. Otoritas setempat menyebut Willa sebagai badai yang "sangat berbahaya."

Baca: Menuju Meksiko, Badai Willa Diprediksi Sangat Berbahaya

Sempat mencapai kekuatan Kategori 5 pada Senin kemarin, Willa melemah ke Kategori 3 saat tiba di daratan Meksiko. Namun Willa diyakini masih berpotensi memicu tanah longsor serta banjir di sejumlah wilayah.


"Mata Badai Willa sekarang berada di garis pantai dekat kota Escuinapa, negara bagian Sinaloa," ujar Badan Meteorologi Nasional Meksiko di Twitter, seperti dilansir dari kantor berita AFP.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) mengingatkan bahwa Willa dapat memicu "gelombang tinggi berbahaya di sepanjang pesisir barat daya Meksiko." Willa pertama kali mendarat di Kepulauan Marias, di mana Meksiko memiliki sebuah penjara federal.

Kementerian Dalam Negeri Meksiko tidak menjawab pertanyaan apakah 1.000 narapidana yang ada di penjara tersebut sudah dievakuasi. "Kami belum menerima adanya kerusakan apapun di sana sejauh ini," ujar Kepala Badan Darurat Meksiko, Luis Felipe Puente, dalam sebuah konferensi pers.

Lebih dari 4.250 orang telah dievakuasi dari beberapa area rentan di Meksiko, termasuk para turis yang sedang berwisata di wilayah pesisir. Mereka semua dievakuasi ke 58 tempat pengungsian sementara.

Willa diperkirakan memicu hujan deras dengan intensitas 15 hingga 30 sentimeter di beberapa bagian Sinaloa, Nayarit dan Jalisco. Di sejumlah area lainnya di Meksiko, intensitas hujan bisa mencapai 45 cm.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id