Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, Sabtu 29 Juni 2019. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, Sabtu 29 Juni 2019. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)

AS Prioritaskan Kualitas Kesepakatan Dagang dengan Tiongkok

Internasional ktt g20 Perang dagang
Willy Haryono • 30 Juni 2019 08:51
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku senang dengan negosiasi dagang bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping saat perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang. Ia mengaku dialog berjalan "lebih baik dari yang diharapkan" dan berjanji akan menghentikan sementara penerapan tarif bea impor ke Tiongkok selama negosiasi dagang berlanjut.
 
"Bagi saya, kualitas transaksi lebih penting dari kecepatan. Saya tidak terburu-buru, tapi perkembangan ke depannya terlihat sangat baik!" tulis Trump di Twitter, dikutip dari laman AFP, Minggu 30 Juni 2019.
 
'Gencatan Senjata' perang dagang AS dan Tiongkok terjadi usai pertemuan Trump dan Xi di KTT G20. Dialog antar keduanya di Osaka pada Sabtu 29 Juni disebut Trump berjalan "luar biasa." Ia juga mengatakan hubungan dagang AS dan Tiongkok kini sudah kembali "ke jalur yang benar."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengonfirmasi Washington untuk sementara menghentikan penerapan tarif terhadap produk-produk Beijing.
 
"Kami tidak akan menambahkan USD350 miliar (setara Rp4.945 triliun) yang dapat dimasukkan skema pajak atau tarif. Kami tidak akan melakukan hal itu, tapi akan terus bekerja sama dengan Tiongkok sehingga nantinya dapat tercapai kesepakatan," tutur Trump dalam konferensi pers di Osaka.
 
"Negosiasi akan terus dilanjutkan," ungkapnya. Trump menambahkan, Tiongkok juga telah sepakat untuk membeli "produk-produk pertanian dalam jumlah besar" dari para petani di Negeri Paman Sam.
 
"Saya telah melakukan pertemuan yang sangat hebat dengan Presiden Xi, kemarin. Jauh lebih baik dari yang saya harapkan. Hal terpenting adalah, kami telah membuka kembali negosiasi dengan Tiongkok, dan hubungan kedua negara akan terus berlanjut ke arah yang lebih baik," kata Trump.
 
Sebelum bertemu Xi, Trump mengaku siap membuat kesepakatan "historis" dengan Tiongkok. Pertemuan dua tokoh besar ini dinantikan seluruh dunia, karena perang dagang kedua negara memiliki imbas tersendiri terhadap perekonomian global.
 
Baca:Trump dan Xi Sepakat Memulai Kembali Negosiasi Dagang

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif