Trump Segera Umumkan Detail Rencana Pertemuan dengan Kim
Presiden AS Donald Trump dalam sebuah acara di Rose Garden Gedung Putih, Washington, AS, 1 Mei 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump terlihat senang atas munculnya opini dirinya bisa mendapatkan Nobel Perdamaian menjelang rencana pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Ia pun berjanji akan segera memaparkan detail waktu dan tempat pertemuan bersejarah tersebut.

"Nobel Perdamaian? Saya rasa Presiden Moon memang orang yang baik," ujar Trump, merujuk pada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

"Hal terpenting adalah, saya ingin mencapai perdamaian. Ini adalah masalah besar, tapi saya rasa nantinya akan berakhir dengan baik," lanjut dia kepada awak media di Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Selasa 1 Mei 2018. 


Trump telah menyarankan agar pertemuannya dengan Kim dilakukan di desa perdamaian Panmunjom di Zona Demiliterisasi. Namun ia juga mengonfirmasi dua atau tiga lokasi lainnya sedang dipertimbangkan. 

Baca: Trump Ingin Bertemu Kim Jong-un di Gedung Perdamaian Korsel

"Kami sedang mempersiapkan pertemuan saat ini, dan saya rasa lokasi dan waktunya akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan," ungkap Trump. 

Rencana pertemuan tersebut, yang muncul usai ketegangan AS dengan Korut terjadi selama beberapa bulan, akan menjadi yang pertama dari seorang presiden AS dengan pemimpin Korut. 

Senin kemarin, Moon menggelengkan kepala saat ditanya mengenai kemungkinan mendapatkan Nobel Perdamaian atas pertemuannya dengan Kim. Ia menilai Trump lebih pantas mendapatkannya. 

"Presiden Trump bisa mendapatkan hadiah Nobel. Yang kita semua butuhkan hanya perdamaian," kata Moon. 

Sebelumnya, dua sumber mengatakan kepada kantor berita CBS News bahwa ada dua lokasi terakhir yang dipertimbangkan untuk pertemuan Trump dengan Kim: Singapura dan Mongolia.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id