Menlu Taiwan Joseph Wu dalam konferensi pers di Taipei, 1 Mei 2019. (Foto: AFP/SAM YEH)
Menlu Taiwan Joseph Wu dalam konferensi pers di Taipei, 1 Mei 2019. (Foto: AFP/SAM YEH)

Menlu Taiwan Serukan Pemilu 'Sungguhan' di Hong Kong

Internasional hong kong taiwan
Willy Haryono • 22 Juli 2019 11:45
Denver: Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menyerukan adanya pemilihan umum "sungguhan" di Hong Kong, Senin 22 Juli 2019. Seruan disampaikan saat Hong Kong sedang dilanda krisis politik yang telah berlangsung selama beberapa pekan.
 
Aksi protes di Hong Kong dipicu penentangan warga terhadap Rancangan Undang-Undang Ekstradisi. Meski proses pengesahan RUU Ekstradisi telah dihentikan, unjuk rasa tetap berlanjut.
 
Kali ini demonstran melakukan gerakan yang lebih luas dan mengajukan sejumlah tuntutan baru, termasuk pengunduran diri pemimpin Hong Kong Carrie Lam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedih rasanya melihat aturan hukum terkikis, dan jurang antara pemerintah dan masyarakat Hong Kong semakin melebar, tulis Wu di Twitter, dikutip dari laman AFP, Senin 22 Juli 2019.
 
"Cara untuk melangkah ke depan adalah menggelar pemilu demokratik yang sesungguhnya, bukan aksi kekerasan di jalan atau stasiun MTR. Kebebasan dan hak asasi manusia harus dilindungi," lanjut dia, yang sedang menemani Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Denver, Amerika Serikat.
 
Taiwan sedang bersiap menggelar pemilihan umum presiden, dengan isu utama adalah hubungan Taipei dengan pulau utama Tiongkok. Negeri Tirai Bambu menganggap Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari "Satu Tiongkok."
 
Hubungan Taiwan dengan Tiongkok memburuk sejak Tsai menjadi presiden pada 2016. Partai Tsai menolak mengakui Taiwan sebagai bagian dari "Satu Tiongkok."
 
Tsai menyebut pilpres Taiwan 2020 sebagai "perjuangan membela kebebasan dan demokrasi." Ia menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang mampu membela Taiwan dari pengaruh Tiongkok.
 
Salah satu rival terberat Tsai adalah Han Kuo-yu dari partai KMT yang lebih condong kepada Tiongkok.
 
Baca:Demonstran Hong Kong Abaikan Peringatan, Bentrokan Meletus
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif