Ratusan warga memprotes UU Aborsi dalam aksi unjuk rasa di Birmingham, Alabama, AS, 19 Mei 2019. (Foto: AFP/SETH HERALD)
Ratusan warga memprotes UU Aborsi dalam aksi unjuk rasa di Birmingham, Alabama, AS, 19 Mei 2019. (Foto: AFP/SETH HERALD)

Ratusan Warga Alabama Protes UU Aborsi

Internasional amerika serikat
Willy Haryono • 20 Mei 2019 09:45
Alabama: Sekitar 400 warga negara bagian Alabama, Amerika Serikat, turun ke jalanan dalam memprotes undang-undang terbaru yang melarang praktik aborsi untuk hampir segala jenis kasus, Minggu 19 Mei 2019.
 
Para demonstran beraksi di Montgomery, Birmingham, Anniston dan juga Huntsville. Ratusan lainnya diestimasi juga berunjuk rasa di beberapa wilayah di seantero Alabama.
 
Mereka smeua memprotes keras UU terbaru "Alabama Human Life Protection Act," atau disebut juga HB314. Inti dari UU tersebut adalah mengkategorikan aborsi sebagai perbuatan melanggar hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pedemo di Montgomery beraksi dengan membawa berbagai spanduk. Sejauh ini tidak ada aksi unjuk rasa tandingan yang membela UU Aborsi Alabama.
 
Seorang perempuan mengenakan pakaian khusus yang seolah-olah memperlihatkan sistem reproduksinya. Dia membawa spanduk bertuliskan, "(Wanita) bukan sekadar sebuah inkubator."
 
Salah satu demonstran menuduh pemerintahan Alabama "berusaha memenjarakan wanita dan dokter."
 
"Mereka mencoba memenuhi penjara untuk wanita yang melakukan 'kejahatan' aborsi," ujar seorang demonstran yang berprofesi sebagai pengacara kepada kantor berita AFP.
 
Pekan kemarin, Alabama meloloskan UU yang melarang aborsi, bahkan untuk jenis kasus pemerkosaan dan inses. Satu-satunya pengecualian adalah aborsi yang dilakukan karena adanya risiko kematian bagi sang ibu hamil.
 
Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya buka suara mengenai aborsi yang menjadi isu kontroversial. Trump menegaskan dirinya menentang aborsi, kecuali dalam kasus pemerkosaan, inses atau adanya "risiko kesehatan serius" pada ibu hamil.
 
Pernyataan Trump keluar beberapa hari usai negara bagian Alabama meloloskan aturan baru mengenai aborsi.
 
"Saya sangat pro-kehidupan, dengan tiga pengecualian -- pemerkosaan, inses atau melindungi nyawa seorang ibu. Posisi saya sama dengan yang telah diambil Ronald Reagan," ungkap Trump.
 
Baca:Komentari Isu Aborsi, Trump Mengaku Pro-Kehidupan

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif