Penasihat Khusus Robert Mueller (kiri). (Foto: Alex Wong/Getty Images)
Penasihat Khusus Robert Mueller (kiri). (Foto: Alex Wong/Getty Images)

Kongres AS Menanti Kesimpulan Dugaan Kolusi Trump-Rusia

Internasional amerika serikat donald trump
Arpan Rahman • 24 Maret 2019 13:48
Washington: Amerika Serikat menantikan fase selanjutnya dari dugaan kolusi antara Presiden Donald Trump dengan Rusia dalam masa kampanye pemilihan umum 2016. Fase berikutnya adalah penyampaikan "kesimpulan utama" dari laporan mengenai dugaan kolusi tersebut.
 
Jumat kemarin, Penasihat Khusus Robert Mueller -- orang yang memimpin penyelidikan dugaan kolusi antara Trump dan Rusia -- telah menyerahkan laporannya. Sejumlah media lokal menyebut, Jaksa Agung William Barr akan menginformasikan beberapa poin utama dari laporan Mueller ke Kongres AS pada Minggu 24 Maret 2019.

Seperti dikutip dari laman Guardian, Sabtu 23 Maret 2019, Trump tidak berkomentar mengenai laporan Mueller maupun Kongres AS. Ia mengaku sedang dalam kondisi "baik" usai bermain golf di resor mewah Mar-a-Lago di Florida.

Mueller ditunjuk menjadi penasihat dan penyelidik khusus dugaan kolusi Trump dan Rusia pada Mei 2017, tak lama usai sang presiden memecat Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) James Comey.
 
Saat nanti kesimpulan laporan Mueller telah dirilis untuk publik, maka dipastikan memicu reaksi beragam di kalangan politikus Partai Republik dan Partai Demokrat. Republik diyakini akan membela diri dan membenarkan beberapa tindakan Trump, sedangkan Demokrat akan berusaha 'menyerang' presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun seorang pejabat di Kementerian Hukum AS mengatakan pada Jumat kemarin bahwa laporan Mueller tidak merekomendasikan adanya dakwaan lebih lanjut. Mueller telah melayangkan dakwaan kepada enam mantan ajudan Trump dan juga sejumlah warga Rusia.
 
Di bawah aturan Departemen Kehakiman AS (DoJ), laporan menyeluruh Mueller tidak perlu diumumkan ke publik. Namun Barr telah menuliskan sebuah surat yang dikirimkan ke Republik dan Demokrat di Kongres, yang mengatakan bahwa dirinya akan menyampaikan "kesimpulan utama" mengenai laporan Mueller.
 
Dalam 22 bulan terakhir, Mueller telah memperlihatkan bahwa sejumlah agen Rusia diduga mendapatkan informasi mengenai pemilu AS untuk memengaruhi masyarakat Negeri Paman Sam, mendanai beberapa aktivitas politik. Para agen itu juga diduga meretas surat elektronik beberapa petinggi Partai Demokrat untuk mengganggu kampanye Hillary Clinton.
 
Mueller juga menginvestigasi apakah Trump menghalangi proses hukum dengan memecat Direktur Badan Investigasi Federal James Comey. Trump telah berulang kali mengatakan "tidak ada kolusi" dan "tidak ada menghalang-halangi proses hukum."
 
Baca:Mueller Serahkan Laporan Dugaan Kolusi Trump dengan Rusia
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif