Awak Pemadam Kendalikan Kebakaran California
Petugas pemadam kebakaran beroperasi mengendalikan api yang melalap lahan di California (Foto: AFP).
California: Kebakaran terbesar dalam sejarah California makin besar, pada Rabu 8 Agustus. Tetapi kru pemadam mulai memegang kendali atas hal itu, kata pihak berwenang.
 
Si Jago Merah yang disebut Mendocino Complex Fire kini telah membakar lebih dari 300.000 hektare, kata pemadam kebakaran California (Cal Fire) dalam pembaruan informasi, Rabu. Api berkobar hampir 10.000 hektar sejak pembaruan terakhir, Selasa malam.
 
Kebakaran ini telah meningkat jadi yang terbesar dalam sejarah negara bagian. Para kru baru-baru ini berjuang untuk dapat menjinakkannya. Sekarang kru sudah hampir memadamkan separuh areal.
 
Api Mendocino melukai dua petugas pemadam kebakaran dan menghancurkan 221 bangunan, termasuk 116 rumah. Selain merusak 12 rumah lagi dan 15 bangunan lain, menurut para pejabat, dan mengancam lebih dari 10.000 struktur lainnya. Para pejabat berharap api sepenuhnya padam pada 1 September.
 
Evakuasi wajib masih berlaku bagi daerah di daerah Lake, Colusa dan Mendocino.
 
Para pejabat mengatakan Rumah Sakit Sutter Lakeside, yang terpaksa ditutup, harus dibuka kembali pada akhir pekan ini. Para pasien di sana terpaksa melarikan diri saat api menyebar ke daerah sekitarnya. Beberapa staf tetap tinggal demi melindungi obat-obatan dan peralatan.
 
"Saya makan di sini, tidur di sini, berpakaian, mengganti pakaian bersih selama sekitar satu pekan," kata Dan Peterson, kepala petugas administrasi rumah sakit, kepada KCRA-TV.
 
"Ini bagian yang sangat penting dari komunitas. Kami tidak punya banyak rumah sakit di daerah ini," tambahnya, seperti dilansir dari UPI, Kamis 9 Agustus 2018.
 
Negara bagian itu juga masih berjuang melawan beberapa kebakaran lain karena angin berganti dan kondisi cuaca yang kering memperburuk situasi. Lebih dari selusin kebakaran hutan sudah menghanguskan lebih dari 619.000 hektare lahan dan 2.000 bangunan, serta mengungsikan 36.000 orang, lapor Los Angeles Times.
 
Sama merusaknya seperti kebakaran, beberapa orang mengatakan itu bisa menjadi jauh lebih buruk. "Di mana pun Anda tinggal, selalu ada beberapa bentuk malapetaka," kata pengungsi asal Lake County, Larry Wiedey.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id