Kandidat capres Demokrat Joe Biden berfoto bersama sekelompok mahasiswa di Houston, Texas, 13 September 2019. (Foto: AFP./FREDERIC J. BROWN)
Kandidat capres Demokrat Joe Biden berfoto bersama sekelompok mahasiswa di Houston, Texas, 13 September 2019. (Foto: AFP./FREDERIC J. BROWN)

Tantang Wartawan Bergulat, Biden Ingin Buktikan Kesehatannya

Internasional amerika serikat pemilu as joe biden
Arpan Rahman • 15 September 2019 13:03
Houston: Kandidat calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berusaha menepis kekhawatiran masyarakat Amerika Serikat mengenai usia dan kesehatannya. Ia mengaku siap membuktikan bahwa dirinya masih bugar dengan merilis catatan kesehatan.
 
Menurutnya, catatan kesehatan itu akan menjadi bukti kuat bahwa dirinya masih mampu memimpin Negeri Paman Sam.
 
Saat bertemu sekelompok jurnalis di Houston pada Jumat 13 September, dia mencoba menurunkan kekhawatiran banyak orang lewat gurauan. Saat ditanya apakah ia siap merilis catatan kesehatan, Biden menjawab santai: "Apa sebenarnya yang perlu dikhawatirkan? Anda mau bergulat dengan saya?"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak merilis catatan medis," tambahnya, disitir dari Independent, Sabtu 14 September 2019.
 
Kekhawatiran mengenai usia dan kesehatan Biden muncul usai debat internal Partai Demokrat yang ditayangkan di televisi AS pada Kamis lalu. Dalam debat, kandidat Julian Castro menggunakan isu usia untuk menyerang Biden.
 
Cory Booker, kandidat lainnya dari Demokrat, juga menggunakan isu serupa. "Ada banyak orang yang khawatir mengenai kemampuan Joe Biden untuk memimpin hingga akhir (masa kepemimpinan)," sebut Booker.
 
November mendatang, Biden akan menginjak usia 77 tahun.
 
Juli lalu, Biden merilis laporan pajak untuk memperlihatkan kekayaannya menjelang pemilu AS 2020. Biden ternyata telah meraup lebih dari USD15 juta (setara Rp212 miliar) dalam kurun waktu dua tahun usai dirinya meninggalkan kursi wakil presiden AS.
 
Dari laporan pajaknya, diketahui bahwa pendapatan Biden melonjak ke kisaran USD11 juta di tahun 2017, dari yang sebelumnya hanya USD400 ribu pada 2016. Hal ini menjadikan Biden sebagai kandidat calon presiden terkaya dari Demokrat.
 
Tim kampanye Biden mengatakan sebagian besar lonjakan pemasukan ini didapat dari penjualan buku.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif