Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat 27 Juni 2019. (Foto: AFP).
Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat 27 Juni 2019. (Foto: AFP).

Bertemu Putin, Trump Tegaskan Hubungannya Sangat Baik

Internasional vladimir putin donald trump
Fajar Nugraha • 28 Juni 2019 13:29
Osaka: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat memuji hubungannya yang sangat baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Kedua pemimpin mengadakan pembicaraan di sela-sela pertemuan G20 di Osaka, Jepang.
 
"Merupakan kehormatan besar untuk bersama Presiden Putin," kata Trump, yang terakhir mengadakan pembicaraan tatap muka dengan pemimpin Rusia di Helsinki pada 2018.
 
"Kami memiliki hubungan yang sangat, sangat baik," kata Trump, seperti dikutip AFP, Jumat, 27 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan yang ditunggu-tunggu antara kedua pemimpin dibayangi oleh penyelidikan ke hubungan Trump dengan Rusia dan kontroversi yang meletus terakhir kali ia mengadakan pembicaraan dengan pemimpin Kremlin.
 
Ditanya sebelum melakukan perjalanan ke Jepang tentang pembicaraan yang direncanakan, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa isi dari diskusi itu "bukan urusan kalian”.
 
"Saya akan melakukan pembicaraan yang sangat baik dengannya. Apa yang aku katakan kepadanya bukan urusanmu,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, saat itu.
 
Trump sebelumnya dituduh memiliki hubungan yang mencurigakan dengan Rusia.
 
Penyelidikan besar yang dipimpin oleh jaksa khusus Robert Mueller menemukan ada kampanye Rusia yang terorganisir untuk mempengaruhi pemilu 2016 yang dimenangkan oleh Trump. Hasil penyelidikan menemukan kontak antara operasi Rusia dan kampanye pemilihan Trump, tetapi tidak ada bukti plot bersama.
 
Trump telah mengkarakterisasi temuan Mueller sebagai membebaskannya dari suatu tuntutan secara lengkap. Namun, ia tetap mendapat kecaman dari lawan karena apa yang mereka katakan adalah hubungannya yang tidak jelas dengan Putin.
 
Di Helsinki tahun lalu, Trump menolak pada konferensi pers bersama dengan Putin untuk mengkritik campur tangan Rusia dalam pemilu 2016. Trump mengatakan bahwa ia percaya penolakan pemimpin Rusia itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif