PBB Akan Keluarkan Resolusi Terbaru Terkait Rohingya

Sonya Michaella 14 November 2018 16:10 WIB
pbbrohingya
PBB Akan Keluarkan Resolusi Terbaru Terkait Rohingya
Pelapor khusus PBB untuk isu Rohingya, Marzuki Darusman. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Jakarta: Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) direncanakan akan membentuk sebuah resolusi baru terkait krisis Rohingya. Resolusi ini berdasarkan laporan dari tim pencari fakta yang diketuai Marzuki Darusman dari Indonesia.

Sebelumnya, tim pencari fakta telah merilis sebuah laporan bahwa memang ada genosida di Rakhine yang menyebabkan hampir satu juga Rohingya melarikan diri ke perbatasan Bangladesh.

Genosida tersebut dilakukan oleh militer Myanmar atau biasa disebut Tatmadaw. Tim pencari fakta juga meminta agar Myanmar mengadili enam jenderalnya, termasuk Panglima Tertinggi Min Aung Hlaing.


“Berdasarkan laporan yang sudah kami rilis, kami harus melapor ke Majelis Umum PBB di New York. Nanti 10 Desember akan ada sidang soal Rohingya,” kata Marzuki di Wisma Antara, Jakarta, Rabu 14 November 2018.

“Dari laporan kami, PBB akan membentuk resolusi baru untuk Rohingya sebagai dasar penuntutan untuk para jenderal Myanmar yang bertanggungjawab,” ucap Marzuki.

Laporan tim pencari fakta ini sebelumnya sudah dilaporkan ke Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss. Pelaporan ke Majelis Umum PBB di New York juga akan dibarengi oleh perwakilan dari Dewan HAM.

Dalam laporan tersebut, Tatmadaw sengaja menyasar warga sipil, terutama wanita dan anak-anak. Para prajuritnya sengaja melakukan tindakan pelanggaran HAM.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id