Mantan Wapres AS Joe Biden berbicara dalam sebuah acara di Dorchester, 18 April 2019. (Foto: AFP/JOSEPH PREZIOSO)
Mantan Wapres AS Joe Biden berbicara dalam sebuah acara di Dorchester, 18 April 2019. (Foto: AFP/JOSEPH PREZIOSO)

Joe Biden Umumkan Pencalonan Pilpres Pekan Ini

Internasional amerika serikat
Arpan Rahman • 24 April 2019 13:52
Pittsburgh: Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden diyakini akan mengumumkan pencalonan dirinya dalam pemilihan umum presiden 2020 pekan ini. Kabar disampaikan beberapa sumber dari lingkaran dekat Biden.
 
Menurut para sumber, Biden akan mengumumkan pencalonannya melalui sebuah video yang dirilis pada Kamis 25 April. Setelah itu, Biden juga akan menggelar sebuah acara di Pittsburgh pada Senin pekan depan.
 
Dilansir dari laman Guardian, Biden diyakini sejumlah pihak akan mengumumkan pencalonannya pada Rabu 24 April 2019. Sejumlah jajak pendapat menempatkan Biden di posisi teratas dari deretan kandidat calon presiden Partai Demokrat. Rival terberat Biden di Demokrat diyakini adalah senator senior Bernie Sanders.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menghabiskan lima dekade terakhir di Washington, Biden dijadwalkan berpidato di hadapan serikat pekerja di Pittsburgh pada Senin mendatang. Meski dirinya populer di kalangan kelas pekerja kulit putih, belum diketahui apakah Biden akan mencoba menarik dukungan dari kelompok pemilih lain yang lebih liberal.
 
Jika sudah resmi mengumumkan pencalonan, Biden akan bersaing dengan 20 kandidat Demokrat, salah satunya adalah anggota komunitas Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Dalam kerumunan kandidat tersebut, Biden merupakan politikus paling senior, dengan Sanders di posisi kedua.
 
Pekan ini, serikat petugas pemadam kebakaran berencana secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Biden.
 
"Ayolah, segera bergabung, Joe," ujar Kamala Harris, senator asal California yang juga mencalonkan diri sebagai kandidat dari Demokrat, dalam acara kampanye di New Hampshire.
 
"Saya mengagumi Joe Biden, dan saya rasa dia harus membuat keputusan terbaik untuk dirinya sendiri," pungkasnya.
 
Beberapa waktu lalu, Biden sempat diserang isu pelecehan terhadap perempuan. Terdapat dua tuduhan terhadap Biden, satu dari perempuan bernama Lucy Flores dan kedua Amy Lappos.
 
Empat tahun lalu, Biden juga pernah dikritik karena tertangkap kamera sedang memijat pundak Stephanie Carter, istri dari Ashton Carter. Peristiwa itu terjadi saat Ashton Carter dilantik menjadi menteri pertahanan.
 
Baca:Joe Biden Diserang Isu Pelecehan Perempuan
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif