Presiden AS Donald Trump shutdown pemerintahan terkait tembok perbatasan. (Foto: AFP).
Presiden AS Donald Trump shutdown pemerintahan terkait tembok perbatasan. (Foto: AFP).

Trump Kembali Shutdown Pemerintahan AS

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 22 Desember 2018 11:31
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menutup pemerintahan atau shutdown. Dia mengancam akan sangat lama melakukan penutupan ini jika Partai Demokrat masih tidak mendanai pembangunan tembok perbatasan.
 
"Saya harap kami tidak perlu melakukannya, namun pemerintah akan benar-benar mempersiapkan untuk penutupan yang sangat lama," katanya saat berada di acara Gedung Putih, dilansir dari laman BBC, Sabtu 22 Desember 2018.
 
Trump menuntut USD5,7 miliar atau sekitar Rp 82,9 triliun yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, sepertinya akan ditolak di Senat yang dikuasai Demokrat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembicaraan dana tembok perbatasan ini masih mandek karena Partai Demokrat terus menolak ide Trump. Kongres dilaporkan hanya menyetujui anggaran USD1,6 miliar atau sekitar Rp23,3 triliun saja.
 
Berhentinya proses pembahasan anggaran berakibat tidak cairnya dana operasional sejumlah lembaga pemerintahan, keamanan bandara, peternakan hingga jelajah luar angkasa.
 
Pemerintahan Trump akan terus shutdown hingga batas waktu tak ditentukan. Ratusan ribu pegawai pemerintahan 'dipaksa' bekerja tanpa dibayar jelang Natal.
 
Trump juga membatalkan liburan Natal ke Florida karena insiden ini. Gedung Putih mengatakan dia akan tetap berada di Washington hingga ada kesepakatan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif