Hawaii Darurat Udara Bersih
Erupsi Gunung Kilauea, Hawaii. (Foto: AFP).
Hawaii: Pihak berwenang Hawaii mengeluarkan peringatan mengenai mengenai kualitas udara. Selain itu, pihak berwenang juga mengumumkan kemungkinan letusan besar Gunung Kilauea kembali terjadi.

Badan Pertahanan Sipil Hawaii mengatakan hujan batu dan ledakan gas dari salah satu kawah di Kilauea telah menyebabkan gumpalan abu melayang ke arah barat daya.

Laman AFP, Rabu, 16 Mei 2018 melaporkan awan abu setinggi tiga kilometer memicu peringatan kode merah untuk penerbangan.


Mereka memperingatkan bahwa warga di jalur awan bisa mengalami masalah pernapasan. Mereka juga mendesak orang-orang untuk menghindari paparan abu dan mengemudi dengan hati-hati. 

"Kondisi RED (merah) berarti bahaya langsung terhadap kesehatan, sehingga masyarakat harus menghindari atau membatasi paparan langsung. Kondisi yang parah bisa menyebabkan ketidakmampuan untuk bernapas," ujar Dinas Pertahanan Sipil.

"Ini adalah situasi serius yang memengaruhi seluruh masyarakat," imbuh mereka.

Kilauea merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Gunung ini merupakan satu dari lima yang aktif di pulau itu juga.



(AHL)