Kepulauan Galapagos adalah bagian dari Ekuador. (Foto: AFP)
Kepulauan Galapagos adalah bagian dari Ekuador. (Foto: AFP)

Galapagos Larang Kembang Api untuk Lindungi Hewan Liar

Internasional Kepulauan Galapagos
Willy Haryono • 29 Desember 2018 14:05
Puerto Baquerizo Moreno: Kepulauan Galapagos melarang penjualan dan penggunaan kembang api di seantero negeri. Pelarangan bertujuan untuk melindungi keragaman fauna di kepulauan tersebut, yang merupakan bagian dari Ekuador.

Kembang api yang memproduksi cahaya tanpa suara mendapat pengecualian dari larangan. Tim konservatif menyebut hewan sering mengalami lonjakan detak jantung, bergetar dan panik saat mendengar suara kencang dari kembang api.

Ribuan orang mengunjungi Galapagos pada setiap tahunnya. Daya tarik utama dari Galapagos adalah biodiversitas dan lingkungan yang masih asri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Galapagos terletak sekitar 1.000 kilometer dari lepas pantai pulau utama Ekuador. "Kepulauan ini adalah hadiah bagi konservasi di Ekuador dan seluruh dunia," ucap Presiden Dewan Lokal Galapago, Lorena Tapi, dalam tulisan di Twitter. "Ekosistem sensitif di Kepulauan Galapagos terkena dampak (dari kembang api), terutama faunanya yang unik-unik," tambah dia, seperti dikutip dari kantor berita BBC, Sabtu 29 Desember 2018.

Otoritas Galapagos juga mengatakan kembang api kerap menimbulkan banyak korban luka, terutama di kalangan anak-anak, pada setiap tahunnya. Kampanye melarang kembang api di Galapagos sudah dimulai tahun lalu.

Dalam larangan ini, hampir semua jenis kembang api dilarang masuk ke Galapagos. Larangan ini merupakan respons Ekuador terhadap banyaknya desakan untuk lebih memerhatikan faktor lingkungan.

Penggunaan plastik sekali pakai juga dilarang di Galapagos, pulau yang dihuni sekitar 25 ribu warga. Galapagos adalah pulau yang dikenal dengan hewan iguana dan penyu raksasa.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi