Perbatasan Amerika Serikat (AS) dilintasi imigran gelap yang ingin mengharapkan nasib baik di Negeri Paman Sam. (Foto: AFP).
Perbatasan Amerika Serikat (AS) dilintasi imigran gelap yang ingin mengharapkan nasib baik di Negeri Paman Sam. (Foto: AFP).

Bocah Perempuan Imigran Meninggal dalam Tahanan AS

Internasional imigran gelap
Fajar Nugraha • 24 Mei 2019 11:36
Texas: Seorang bocah perempuan berusia 10 tahun dari El Salvador meninggal saat dalam tahanan Pemerintah AS setelah melintasi perbatasan. Menurut laporan, bocah itu meninggal pada September 2018 lalu.
 
Anak itu diketahui memasuki fasilitas Kantor Pengungsian Pengungsi di San Antonio, Texas, pada 4 Maret 2018. Ketika ditahan, dia diketahui dalam keadaan ‘rapuh secara medis’ dan meninggal beberapa bulan kemudian karena komplikasi dari operasi.
 
“Setelah prosedur pembedahan, komplikasi membuat anak dalam keadaan koma. Dia dipindahkan ke fasilitas keperawatan di Phoenix, Arizona untuk perawatan paliatif pada Mei setelah dibebaskan dari rumah sakit San Antonio,” kata seorang perwakilan untuk Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan kepada CBS, Jumat, 24 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pada 26 September, dia dipindahkan ke sebuah fasilitas perawatan di Omaha, Nebula, untuk menjadi lebih dekat dengan keluarganya. Pada 29 September, anak itu dipindahkan ke Rumah Sakit Anak Omaha di mana ia meninggal karena demam dan gangguan pernapasan,” lanjut pernyataan pejabat kesehatan itu.
 
Bocah yang tidak dikenal itu adalah yang pertama dari enam anak migran yang meninggal dalam tahanan AS, atau segera setelah mereka dibebaskan dari tahanan, dalam delapan bulan terakhir.
 
Kelima kematian migran muda yang sebelumnya dilaporkan semuanya adalah anak-anak dari Guatemala. Seorang bocah Guatemala berusia 16 tahun meninggal ketika berada di tahanan AS dekat Hidalgo, Texas, pada Senin.
 
Seorang bocah lelaki berusia 2 tahun yang ditangkap di perbatasan AS-Meksiko meninggal di rumah sakit El Paso minggu lalu.
 
Pada April, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun meninggal setelah dirawat di rumah sakit dalam perawatan intensif. Juga, dua anak, berusia 7 dan 8 tahun, meninggal pada Desember.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif