Senator Kamala Harris berbicara kepada awak media di Howard University di Washington, AS, 21 januari 2019. (Foto: AFP/EVA HAMBACH)
Senator Kamala Harris berbicara kepada awak media di Howard University di Washington, AS, 21 januari 2019. (Foto: AFP/EVA HAMBACH)

Kamala Harris Ramaikan Bursa Capres Demokrat di Pilpres 2020

Internasional amerika serikat
Arpan Rahman • 22 Januari 2019 11:58
Washington: Kamala Harris, senator wanita kulit hitam kedua dalam sejarah Amerika Serikat, menyatakan siap maju dalam pemilihan umum presiden 2020. Ia merupakan tambahan terbaru dari deretan politikus Partai Demokrat yang mencalonkan diri.
 
"Saya mencintai negara saya. Ini adalah saat di mana saya merasakan tanggung jawab untuk berjuang bersama mencapai hasil terbaik," kata Harris, 54, kepada program Good Morning America di media ABC.
 
Politikus berdarah Afrika Amerika itu resmi meluncurkan pencalonan dirinya pada Senin 21 Januari 2019, hari peringatan tokoh Martin Luther King Jr. Lewat sebuah video, dia berkata, "mari kita lakukan ini bersama-sama."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dikutip dari laman Sky News,Harris menilai Dr King, pejuang hak-hak sipil yang dibunuh pada 1968, sebagai inspirasi. Ia merasa "terhormat dapat melakukan pengumuman (pencalonan diri) di saat kita semua sedang mengenangnya."
 
Sang senator, yang tinggal sejak kecil di Oakland, California, memiliki seorang ibu berdarah India dan ayah asal Jamaika. Kedua orang tua Harris adalah aktivis hak-hak sipil.
 
Nama Harris dikenal banyak orang lewat sepak terjangnya sebagai pengacara distrik San Francisco. Pada 2010, dia menjadi Jaksa Agung California.
 
Latar belakang Harris kerap dibandingkan dengan Barack Obama. Saat ditanya apakah AS siap menerima wanita kulit hitam sebagai presiden, Harris menjawab: "Tentu saja."
 
Namun Harris harus berjuang keras karena jajak pendapat terbaru dari NPR/PBS Newshour/Marist Poll menunjukkan bahwa 54 persen basis pendukung Demokrat tidak yakin terhadap dirinya, atau bahkan tidak mengenalnya sama sekali.
 
Selain Harris, politikus wanita Demokrat yang sudah menyatakan siap maju dalam pilpres 2020 adalah Elizabeth Warren, Kirsten Gillibrand dan Tulsi Gabbard.
 
Sementara politikus pria Demokrat yang menarik perhatian publik dalam pencalonan pilpres 2020 adalah Julian Castro, mantan staf Gedung Putih yang disebut-sebut sebagai "anak didik" Obama.
 
Baca:Politikus Hindu AS Siap Tantang Trump di Pilpres 2020
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif